Pertamina Hulu Mahakam Perkenalkan Pertakultur Ramah Lingkungan

Program Pertanian 4.0 Pertamina Hulu Mahakam.
Program Pertanian 4.0 Pertamina Hulu Mahakam.
Sumber :
  • VIVA/Dusep Malik

VIVA – Dalam menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) di wilayah Kerja Kalimantan, PT Pertamina Hulu Mahakam atau PHM perkenalkan pertanian pertakultur yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. 

Teknik pertanian baru ini menerapkan pemanfaatan bahan dan alat pertanian yang diproduksi sendiri oleh kelompok tani di sekitar wilayah kerja PHM. Program ini membantu ekonomi masyarakat di sekitar wilayah kerja.

PHM menyebut program ini masuk dalam Program Petani Maju 4.0 di Handil Baru Barat, Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, sehingga dapat menjadi rujukan dan wilayah percontohan agrowisata ramah lingkungan.

Baca juga: Pamer Payudara di YIA, Reuni 212 hingga Mimpi Ketemu Rasulullah

Head of Communication, Relations & CID PHM, Frans Alexander A Hukom mengatakan saat ini PHM membina sebanyak dua kelompok tani yang menguasai pengetahuan bertani dengan teknik pertakultur. 

Contohnya, kata dia adalah limbah pertanian dan peternakan diolah menjadi pupuk organik dan secara mandiri telah mampu memproduksi pupuk organik cair (PCO) hingga 500 liter per bulan.

PCO ini juga digunakan untuk pemupukan dalam proses penyemaian tumbuhan langka di greenhouse BSP untuk mendukung program keanekaragaman hayati. Kelompok petani binaan ini juga dilatih memproduksi media tanam secara mandiri, yang kini mencapai 300 kg per bulan.