3 Bandara di Wilayah Terdampak Erupsi Belum Terpengaruh Abu Vulkanik

Awan panas akibat erupsi Gunung Semeru.
Awan panas akibat erupsi Gunung Semeru.
Sumber :
  • Dok. PVMBG

VIVA – Tiga bandara yang berada di wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru, yakni Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo, Bandara Adi Soemarmo di Boyolali dan Bandara Abdul Rachman Saleh Malang belum terdampak dari erupsi Gunung Semeru. 

Demikian disampaikan Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan BMKG, Edison Kurniawan.

"Berdasarkan hasil pantauan di lapagan sampai saat ini belum terlihat adanya pengaruh dari abu vulkanik yang masuk ke wilayah tersebut," kata Edison dalam konferensi pers daring, Sabtu malam 4 Desember 2021

Dia juga menyebut dari pantauan BMKG, abu vulkanik bergerak ke arah barat laut pada ketinggian 0 sampai dengan 30 ribu kaki. Sedangkan, pada ketinggian di atas 50 ribu kaki, abu vulkanik bergerak ke arah barat.

"Dari stasiun metereologi Juanda, kelihatan bahwa potensi abu vulkanik pada update pada malam hari ini itu bergerak ke arah barat laut pada ketinggian 0 sampai 30 ribu feet, kemudian hingga di atas 50 ribu feet bergerak ke arah barat," ujarnya.

Erupsi Gunung Semeru

Erupsi Gunung Semeru

Photo :
  • Twitter @BNPB_Indonesia

Dia mengatakan BMKG terus melakukan pemantauan terkait dampak erupsi Gunung Semeru ini. BMKG juga bekerjasama dengan pihak otorisasi penerbangan untuk melihat sejauh mana dampak erupsi ini bagi penerbangan.