Strategi PLN Pulihkan Jaringan Listrik Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Petugas PLN.
Sumber :
  • Dokumentasi PLN.

VIVA – PT PLN menerjunkan 124 personel untuk mempercepat pemulihan listrik di daerah terdampak Erupsi Gunung Semeru.

Gara-gara Wanita, Bripda DR Aniaya Tenaga Kesehatan Hingga Hidungnya Patah

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Adi Priyanto memastikan, rencananya hari ini tim PLN akan menyalakan 69 trafo dari total 79 trafo yang masih padam.

"Kami membagi 124 personel ini ke dalam dua tim, yaitu tim siaga sebanyak 53 personel dan tim pelaksana pekerjaan 71 personel," kata Adi dalam keterangannya, Senin 6 Desember 2021.

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

Dia menambahkan, para petugas ini akan terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur dalam menjalankan tugasnya. Untuk, memastikan daerah atau zona yang aman dan zona bahaya. 

"Serta zona yang bisa dilewati oleh petugas PLN dalam upaya pengecekan instalasi dan penormalan," ujarnya.

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Petugas Pengamatan: Durasi 118 Detik

Tak hanya itu, lanjut Adi, PLN juga telah mengumpulkan genset portable berkapasitas 2,2 sampai 4 Kilo Watt (KW) sebanyak 8 unit, kapasitas 23 KW sebanyak 1 unit, dari ULP dan UP3 terdekat.

"Ini langkah penanganan dan pengamanan untuk memastikan zona aman. Kemudian kami menyediakan genset di posko untuk tetap ada aliran komunikasi dan penerangan bagi warga," kata Adi.

Dalam usaha pemulihan kelistrikan terdampak bencana kali ini, Adi mengakui bahwa PLN mendapatkan tantangan cukup berat. Misalnya beberapa lokasi yang kembali mengalami hujan abu vulkanik, sehingga petugas PLN tidak diizinkan untuk masuk.

Pemukiman warga terdampak erupsi Gunung Semeru.

Photo :
  • tvOne.

Maka dari itu, PLN memastikan akan mengambil langkah alternatif untuk desa terdampak. Yakni untuk daerah yang listriknya masih terputus, maka akan dilakukan pembangunan jaringan listrik baru.

"Kami upayakan maksimal untuk penarikan jaringan baru dari daerah Dampit. Hari ini ditargetkan 69 trafo menyala," ujarnya.

Sebagai informasi, hingga Minggu 5 Desember 2021 pukul 17.00 WIB, jumlah gardu distribusi yang sudah menyala mencapai 33 gardu atau 29,5 persen gardu sudah normal. Sehingga, masih ada gardu padam sebanyak 79 gardu dari total 112 gardu terdampak.

PLN juga menyiapkan posko bersama semua stakeholder sebanyak tiga pos di ULP Tempeh, Posko Sumber Kacang, dan Posko Penanggal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya