Jadi Bagian EoI, Bank Mandiri Genjot Transformasi Digital

Nasabah transaksi di Bank Mandiri.
Nasabah transaksi di Bank Mandiri.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVA – PT Bank Mandiri Tbk mengumumkan keiikutsertaan dalam proses digitalisasi berbasis web dengan platform Exchange of Information (EoI). Integrasi itu mengenai akses Informasi Keuangan untuk kepentingan perpajakan. 

Keikutsertaan ini disebut perseroan, sebagai langkah penguatan sinergi dengan pemerintah untuk mengoptimalkan penerimaan negara guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Kerja sama tersebut merupakan implementasi amanat Undang-undang No. 9 Tahun 2017 dan Peraturan Menteri Keuangan No. 70/PMK.03/2017 tentang Petunjuk teknis mengenai Akses Informasi Keuangan.

Kedua beleid ini mengatur seluruh Lembaga Jasa Keuangan (LJK) di Indonesia untuk memberikan akses informasi keuangan kepada Ditjen Pajak. Dalam rangka, mendukung perpajakan secara nasional. 

Perjanjian kerja sama tersebut ditandatangani Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Senin, 6 Desember 2021.

Bank Mandiri Pusat

Bank Mandiri Pusat

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Darmawan mengatakan, sinergi ini akan mempercepat proses pengiriman data dengan memanfaatkan layanan digital Bank Mandiri yang mudah, handal, dan aman. Sebab, seluruh proses pendataan yang semula dilakukan secara manual via pos, kini bisa dilakukan secara daring melalui portal khusus.