Posfin Gabungkan Bisnis Logistik-Fintech, Masyarakat Bisa Jadi Mitra

Sorot Jasa kurir - pos indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Jojon

VIVA – Anak Usaha PT Pos Indonesia yaitu PT Pos Finansial Indonesia (Posfin) mengembangkan platform digitalnya Pospay Agen, dengan menyediakan layanan baru kurir dan logistik atau KurLog. Pengembangan itu dari sebelumnya hanya berperan sebagai payment point online banking (PPOB) berbasis rekening Giropos.

Revisi UU ITE Disahkan, Privy Siap Amankan Transaksi Keuangan Digital

Chief Executive Officer Posfin Setyo Budianto mengungkapkan, layanan kurir dan logistik itu mulai efektif 1 Desember 2021. Dengan inovasi itu, Pospay Agen yang tadinya hanya melayani pembayaran tagihan bulanan masyarakat, bisa juga digunakan untuk jasa logistik.

"“Pospay Agen KurLog dihadirkan berdampingan dengan layanan jasa keuangan dan pembayaran dalam satu platform, sebagai langkah nyata dalam menciptakan peluang wirausaha baru, serta mengakselerasi pengembangan potensi bisnis UMKM berbasis inovasi teknologi.” Imbuh Setyo dikutip dari keterangannya, Senin, 6 Desember 2021.

Sebagian Angkutan Barang Tak Bisa Masuk Sumbar Periode Libur Idul Fitri, Cek Jadwalnya

Dia menjabarkan, bisnis layanan jasa kurir dan logistik sangat berkembang dalam beberapa tahun terakhir, terutama pada masa pandemi. Mulai dari masyarakat umum, pelaku usaha UMKM hingga pengusaha retail, telah memanfaatkan layanan jasa kurir dan logistik dalam pengiriman paket dan produk ke berbagai wilayah.

Lebih lanjut Setyo menambahkan, bagi masyarakat yang ingin bergabung menjadi mitra Pospay Agen KurLog, harus terlebih dahulu terdaftar sebagai Pospay Agen. Serta bagi masyarakat yang sudah bergabung sebagai Pospay Agen, dan melakukan deposit saldo minimal satu juta rupiah, maka sudah dapat melakukan pendaftaran untuk menjadi mitra Pospay Agen Kurlog. 

J&T Cargo Gandeng Partner Bisnis 3 Sektor Industri, Kunci Langkah Strategis Tingkatkan Pelayanan

“Proses pendaftaran mitra Pospay Agen Kurlog, tidak dikenakan biaya atau gratis, maka sangat cocok bagi pelaku usaha UMKM, dan masyarakat yang baru memulai usaha.” tambahnya.

Menurutnya, tata cara pendaftaran bagi mitra Pospay Agen Kurlog, cukup login pada laman https://agen.posfin.id/. Selanjutnya mitra akan diarahkan untuk mengisi formulir pendaftaran, serta melengkapi persyaratan layanan jasa kurir dan logistik yang dibutuhkan. 

PosPay Agen.

Photo :
  • Dokumentasi PT Pos Indonesia.

Setelahnya, pengajuan pendaftaran dari mitra akan dilakukan review dan survei dari petugas Kantorpos terdekat ke lokasi yang didaftarkan. Proses berikutnya, mitra akan menerima Nomor Pendirian (Nopen) sebagai identitas mitra telah bergabung menjadi Pospay Agen KurLog, serta langsung mendapatkan Pospay QRIS. 

"Salah satu benefit mitra Pospay Agen Kurlog adalah tersedianya layanan daily pick up dari petugas Kantorpos terdekat yang terjadwal. Jadi meskipun hanya satu kiriman paket, tetap dilakukan pick up ke lokasi mitra," ungkapnya. 

"Sehingga, mitra Pospay Agen Kurlog akan mampu menjangkau kebutuhan pengiriman paket dari masyarakat yang berada di lokasi yang tidak terjangkau oleh jasa pengiriman lainnya." tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama, PT Pos Indonesia (Persero) Faizal Rochmad Djoemadi mengungkapkan, penggabungan antara layanan jasa keuangan dan jasa kurir logistik dalam satu platform, merupakan sebuah inovasi dan terobosan yang pertama kali dilakukan oleh perusahaan fintech di Indonesia.

“Kolaborasi ini dihadirkan demi menjawab kebutuhan layanan jasa kurir logistik dan jasa keuangan yang berkualitas, tepat waktu, lancar, dan aman bagi masyarakat Indonesia di era digital," ujarnya.

Faizal Rochmad Djoemadi menambahkan bahwa supply chain efficiency dalam ekosistem bisnis di era digital, merupakan rangkaian yang berkesinambungan antara berbagai bidang bisnis. Seperti jasa kurir dan logistik, jasa layanan keuangan dan pembayaran, serta bisnis kuliner, retail dan e-Commerce.

"Karena Pospay Agen adalah yang pertama melakukan kolaborasi ini di Indonesia, maka akan kami sebut sebagai Lo-Fintech, yaitu perpaduan bisnis jasa kurir logistik, dengan bisnis jasa keuangan dalam satu mobile platform," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya