KPR Hunian Lelangan Bank Bisa Dapat Bunga 6 Persenan, Begini Caranya

Ilustrasi KPR.
Sumber :
  • rumahku.com

VIVA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk lelang massal BTN Lelang Properti Expo 2021 yang melibatkan 25 kantor cabang se Indonesia. Dalam lelang itu itu sebanyak 250 unit hunian ditawarkan dengan harga miring baik melalui skema kredit ataupun tunai.

Tega, Tentara Israel Suruh Keluarga Palestina Tinggalkan Ibunya yang Berusia 94 Tahun

Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo mengungkapkan, lelang massal ini dilakukan dalam upaya mengejar penjualan lebih dari 1.500 unit hunian lelang sampai dengan akhir 2021. Target itu optimistis dapat tercapai mengingat sektor properti masih menjadi instrumen investasi yang menarik. 

Haru optimistis, jika terserap habis unit rumah lelang sampai dengan akhir tahun ini, maka perseroan akan menghimpun dana penjualan rumah secara lelang pada periode 2021 sekitar Rp1,73 triliun. 

Bareskrim Naikkan Kasus Pemalsuan Dokumen Eks Gubernur Sumsel ke Tahap Penyidikan

“Antusiasme investor pada tahun ini juga menunjukkan sektor properti masih menjadi pilihan menarik untuk investasi. Sehingga, kami yakin unit rumah atau hunian yag dilelang selama tahun 2021 akan terserap habis,” jelas Haru di sela acara BTN Lelang Properti Expo 2021 di Jakarta, Selasa, 7 Desember 2021.

Adapun, acara lelang massal ini merupakan bagian dari kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45 Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Secara total, sepanjang Desember 2021, BTN akan menawarkan lebih dari 350 unit hunian senilai total Rp440,15 miliar kepada para investor. 

Pintu Apung di Titanic Terjual Seharga Rp11,3 Miliar dalam Lelang

Emiten bersandi saham BBTN ini juga menawarkan produk KPR BTN Lelang baik untuk rumah tapak maupun apartemen. Bunga yang diberikan kepada pembeli mulai 6,75 persen dengan skema fixed rate 2 tahun. 

Sementara itu, sepanjang 2021 sampai dengan November, BTN telah memasarkan sekitar 1.200 unit hunian lelang yang tersebar di seluruh Indonesia. Perseroan telah meraup dana senilai Rp1,29 triliun dari total penjualan tersebut.

BTN memberikan keringanan dalam proses pembelian rumah lelang tersebut, seperti uang muka mulai dari 5 persen. Kemudian, jangka waktu kredit bisa sampai dengan 30 tahun dengan diskon biaya provisi hingga 50 persen. 

Lelang Properti Expo BTN.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

BPT juga bisa memberikan Kredit Modal Kerja (KMK) BTN Renovasi bagi para investor pengembang. KMK tersebut dapat digunakan untuk merenovasi rumah-rumah lelang BTN yang telah lunas dibeli secara tunai sehingga dapat mempercepat proses penjualan kembali kepada konsumen. 

Untuk skema KMK BTN Renovasi, Bank BTN menawarkan suku bunga sebesar 10 persen dengan plafon hingga Rp5 miliar. Para investor juga dapat cek pilihan rumah yang dilelang secara online melalui portal rumahmurahbtn.co.id.

“Kami berupaya memberikan berbagai pilihan menarik yang dapat mendukung percepatan pemenuhan kebutuhan rumah di Indonesia,” tutur Haru. 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan RI Rionald Silaban menilai, lelang yang dilakukan ini jadi terobosan  dalam menekan Non Performing Loan (NPL). 

"Dan secara bersamaan menjaring nasabah dan memberikan kemudahan melalui berbagai pilihan kredit dari BTN terutama untuk memiliki hunian. Kerja sama seperti ini diharapkan terus berlanjut ke depannya," tutur Rionald.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya