Viral Tiang Proyek Kereta Cepat Ambruk, KCIC Ungkap Kronologinya

Konstruksi proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung.
Sumber :
  • VIVA/Dusep Malik

VIVA – Media sosial heboh dengan marak beredar sebuah video yang memperlihatkan kejadian ambruknya pilar dalam proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Pilar yang ambruk itu tampak menimpa dua ekskavator yang berada di sekitarnya.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama  PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi, mengaku telah memanggil dan menegur pihak kontraktor terkait. Hal itu untuk melakukan investigasi terhadap kejadian tersebut.

"PT KCIC tidak mentolerir kesalahan kontruksi yang melebihi dari toleransi yang dipersyaratkan," kata Dwiyana dalam keterangannya, dikutip Kamis, 9 Desember 2021.

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

Tiang Proyek Kereta Cepat.

Photo :
  • Tangkapan layar.

Dwiyana menjelaskan, bagaimana kejadian seperti di video viral itu bisa terjadi. Kejadian tersebut terjadi pada saat konstruksi pembongkaran pilar atau pier untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung, yang proses pembongkarannya dilakukan tanpa mengikuti standar operasi yang berlaku.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

"Kontraktor lalai dalam melaksanakan SOP, sehingga pier menimpa ekskavator yang digunakan," ujarnya.

Dwiyana memastikan tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut. Dikabarkan, operator yang berada di tempat kejadian berhasil menyelamatkan diri sebelum tertimpa reruntuhan pilar tersebut

"Ini menjadi perhatian serius bagi Kami. Investigasi mendalam langsung kami lakukan dan tinggal menunggu hasilnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya