Nicke Widyawati Ungguli Sri Mulyani Jadi Wanita Berpengaruh Dunia

Dirut Pertamina Nicke Widyawati
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Menteri Keuangan Sri Mulyani kembali masuk dalam jajaran 100 wanita berpengaruh dunia atau The World’s Most Powerful Women 2021) yang dirilis Forbes, pada 8 Desember 2021. 

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Kedua Srikandi RI itu bersanding dengan sejumlah wanita hebat dunia lainnya, seperti MacKenzie Scott (wanita terkaya ke-3 -- mantan istri bos Amazon), Kamala Harris (Wapres AS), Christine Legarde (Presiden Bank Sentra Eropa dan Managing Director IMF), Tsai Ing-Wen (Presiden Taiwan), hingga Susan Wojcick (CEO Youtube).

Nicke Widyawati berada di menduduki peringkat ke-27 wanita berpengaruh dunia versi Forbes, mengungguli Menkeu Sri Mulyani pada peringkat ke-66. Pada 2020 lalu, Nicke juga masuk jajaran wanita berpengaruh dunia peringkat ke-25, sementara Sri Mulyani pada posisi ke-78.

BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 1,36 Triliun

Dalam rilisnya, Forbes mengatakan daftar wanita bepengaruh di dunia ini bukan hanya didasarkan pada jumlah banyaknya uang atau harta dan kekuasaan yang dimiliki, namun juga apa yang telah dilakukan dengan kekayaannya, kekuasaan hingga kepemimpinan mereka dalam perusahaan an platform publik mereka.

"Perhatikan Rosalind Brewer, mantan chief operating officer Starbucks yang memimpin Walgreens pada bulan Maret dan saat ini satu-satunya wanita kulit hitam yang menjalankan perusahaan S&P 500. Orang yang menerapkan keragaman di tempat kerja, Brewer berawa di peringkat ke-17," tulis Forbes. 

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen

Contoh lainnya adalah salah satu pendiri BioNTech dan ahli imunologi Ozlem Türeci, yang merupakan salah satu dari 20 pendatang baru tahun ini. Dia membuat debutnya di peringkat 48, bukan hanya karena dia mendirikan perusahaan bioteknologi, tetapi juga karena perannya dalam memimpin pengembangan perusahaan vaksin mRNA Covid, dalam kemitraan dengan raksasa farmasi global Pfizer.

Presiden baru Tanzania, Samia Suluhu Hassan juga membuat debut dengan menduduki peringkat 94 wanita berpengaruh dunia. Ia berjasa dalam menerapkan protokol Covid di negaranya. Lalu ada Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, yang blak-blakan terhadap kebebasan dan demokrasi di tengah tekanan yang meningkat dari China. Ing-Wen naik 28 peringkat ke No. 9. 

"Kita harus menjaga nilai-nilai bersama untuk memastikan cara hidup kita yang bebas dan demokratis," kata Ing-Wen pada akhir November lalu.
 
Sementara di peringkat pertama wanita berpengaruh dunia versi Forbes adalah MacKenzie Scott. Dia adalah seorang filantropis sekaligus wanita terkaya ketiga di dunia -- mantan istri Jeff Bezos (pendiri Amazon). MacKenzie menggeser posisi Angela Merkel yang sekarang pensiun sebagai Kanselir Jerman.

Sedangkan di peringkat kedua adalah wakil presiden AS Kamala Harris, yang naik satu peringkat dari sebelumnya, bertukar tempat dengan Christine Lagarde, Presiden Bank Sentral Eropa yang sekarang menjadi peringkat 3.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya