Harga Bahan Pokok di Cirebon Meroket, Cabai Rawit Merah Rp100 Ribu/Kg

Pedagang di Cirebon.
Sumber :
  • tvOne.

VIVA – Sejumlah harga pokok di pasar tradisional di kota Cirebon merangkak naik jelang Natal dan tahun baru. Kenaikan harga tertinggi terjadi pada harga cabai yang menembus Rp100 ribu per kilogram.

Neta Pamer Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan

Dikutip, Jumat, 17 Desember 2021, dari laporan tvOne, Pedagang Pasar Kanoman Kota Cirebon menyebutkan, harga cabai rawit merah atau cabai setan melonjak tajam menyentuh Rp100 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp80 ribu.

Kemudian, kenaikan harga juga terjadi pada cabai rawit hijau dari Rp40 ribu menjadi Rp80 ribu. Sedangkan bawang merah dari Rp20 ribu menjadi Rp30 ribu.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Kenaikan harga bahan pokok ini dikeluhkan para pembeli. Meski harga bahan pokok meroket, namun pembeli menyiasatinya dengan membeli keperluan lebih sedikit.

Pedagang di Cirebon.

Photo :
  • tvOne.
Harga Emas Hari Ini 25 April 2024: Produk Antam Melorot, Global Bervariasi

Salah satu pembeli Nur mengungkapkan, hampir semua harga sembako naik. Meskipun harganya naik, tapi tetap dibelinya karena butuh untuk masak.

"Saya berharap kepada pemerintah untuk segera menurunkan harga sembako. Pemerintah jangan banyak janji-janji saja kepada masyarakat,” ujar. Jumat (17/12/2021). 

Sementara itu, Saunah, pedagang cabai di Pasar Kanoman menyebutkan, kenaikan harga cabai tersebut baru terjadi 2 hari terakhir ini.

"Penyebab naiknya harga ini selain dipicu tingginya permintaan jelang tahun baru, juga akibat dampak cuaca buruk atau musim penghujan,” sebutnya.

Dia memprediksikan, kenaikan harga kebutuhan pokok akan terus terjadi hingga pergantian tahun.

Laporan Azizi Erfan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya