Resmikan Pasar Ngawi, Jokowi Sebut Berkonsep Bangunan Hijau

PResiden Joko Widodo meresmikan Pasar Ngawi.
Sumber :
  • Tangkapan layar.

VIVA – Presiden Joko Widodo, meresmikan Pasar Besar Ngawi pada Jumat, 17 Desember 2021. Proyek renovasi pasar tersebut telah selesai setelah pembangunannya dimulai pada Desember tahun lalu. 

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Dalam peresmian tersebut, Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan para pejabat terkait lainnya.

Pembangunannya dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

"Alhamdulillah pada siang hari ini kita telah menyaksikan Pasar Besar Ngawi telah selesai dibangun dan siap dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Jokowi, pada saat peresmian, Jumat, 17 Desember 2021.

Pasar tradisional (foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

Jokowi mengatakan, proyek pembangunan pasar dilakukan dengan konsep bangunan gedung hijau dan penataan modern yang pendanaannya bersumber dari APBN 2020 di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pembangunan Pasar Besar ini selesai dalam jangka waktu 12 bulan.

"Pasar ini dibangun sebagai sebuah pasar modern yang berbasis bangunan gedung hijau. Dengan luas bangunan 15.940 meter persegi, memiliki 291 kios, 244 los dan 20 los kering," ujar Jokowi

Menurut Jokowi, dengan dibukanya pasar ini diharapkan perekonomian di wilayah sekitar semakin bertumbuh. Ekonomi yang sempat terhantam akibat pandemi juga diharapkan segera pulih.

"Kita harapkan pasar ini bisa menjadi pusat aktivitas perdagangan di Kabupaten Ngawi. Dan juga harus menjadi pengungkit pergerakan ekonomi masyarakat di Ngawi dan sekitarnya untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi setelah pandemi ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya