Dibayangi Omicron, Bagaimana Prospek Bisnis Logistik dan Maritim 2022?

Ilustrasi Logistik.
Ilustrasi Logistik.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Upaya pemulihan ekonomi dari dampak pandemi COVID-19, yang menyebabkan perekonomian Indonesia mengalami guncangan dan resesi di tahun 2020 lalu, mulai terlihat hasilnya pada tahun 2021 ini.

CEO dan founder myshipgo, Harlin E. Rahardjo mengatakan, dengan suksesnya vaksinasi dan turunnya kasus harian COVID-19 di penghujung tahun 2021, hal itu memberi harapan positif untuk tahun 2022 mendatang. Apalagi dalam masa pandemi, bisnis digital terutama e-commerce tumbuh pesat dan cepat. Bahkan, dampak e-commerce ini salah satunya mendorong tumbuhnya bisnis sektor logistik.

"Demikian pula dengan bisnis maritim yang diharapkan juga positif ke depannya, dengan membaiknya perdagangan baik dalam dan luar negeri," kata Harlin dalam keterangan tertulisnya, Jumat 17 Desember 2021.

Namun, bagaimana dengan munculnya varian COVID-19 baru bernama Omicron dan apa saja yang menjadi tantangan tersendiri bagi sektor logistik dan maritim di tahun 2022?

Virus Omicron

Virus Omicron

Photo :
  • Times of India

Guna membahasnya, gelaran "Indonesia Maritime Club" kembali hadir di seri ke-38 dengan mengusung topik "Meneropong Ekonomi dan Bisnis Sektor Logistik dan Maritim 2022".

Diskusi yang akan digelar pada hari Sabtu, 18 Desember 2021 pukul 10.00-12.00 WIB besok, akan menghadirkan para narasumber yakni Chairman Supply Chain Indonesia, Setijadi, serta Wakil Ketua Umum VII DPP INSA, Faty Khusumo.