Dibayangi Omicron, Bagaimana Prospek Bisnis Logistik dan Maritim 2022?

Ilustrasi Logistik.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Upaya pemulihan ekonomi dari dampak pandemi COVID-19, yang menyebabkan perekonomian Indonesia mengalami guncangan dan resesi di tahun 2020 lalu, mulai terlihat hasilnya pada tahun 2021 ini.

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

CEO dan founder myshipgo, Harlin E. Rahardjo mengatakan, dengan suksesnya vaksinasi dan turunnya kasus harian COVID-19 di penghujung tahun 2021, hal itu memberi harapan positif untuk tahun 2022 mendatang. Apalagi dalam masa pandemi, bisnis digital terutama e-commerce tumbuh pesat dan cepat. Bahkan, dampak e-commerce ini salah satunya mendorong tumbuhnya bisnis sektor logistik.

"Demikian pula dengan bisnis maritim yang diharapkan juga positif ke depannya, dengan membaiknya perdagangan baik dalam dan luar negeri," kata Harlin dalam keterangan tertulisnya, Jumat 17 Desember 2021.

10 Desa dan 2 Kelurahan Terdampak Hujan Abu-Kerikil Erupsi Gunung Ruang, Menurut BNPB

Namun, bagaimana dengan munculnya varian COVID-19 baru bernama Omicron dan apa saja yang menjadi tantangan tersendiri bagi sektor logistik dan maritim di tahun 2022?

Virus Omicron

Photo :
  • Times of India
Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

Guna membahasnya, gelaran "Indonesia Maritime Club" kembali hadir di seri ke-38 dengan mengusung topik "Meneropong Ekonomi dan Bisnis Sektor Logistik dan Maritim 2022".

Diskusi yang akan digelar pada hari Sabtu, 18 Desember 2021 pukul 10.00-12.00 WIB besok, akan menghadirkan para narasumber yakni Chairman Supply Chain Indonesia, Setijadi, serta Wakil Ketua Umum VII DPP INSA, Faty Khusumo.

Harlin menambahkan, pembahasan ini dinilai penting karena sektor maritim dan kelautan sangat strategis, mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang 70 persen wilayahnya terdiri dari perairan. Karenanya, ekonomi dan bisnis di tahun 2022 sepertinya juga bakal disambut dengan penuh optimisme, dengan melandainya kasus COVID-19 dan program vaksinasi yang berjalan cepat. 

"Namun begitu, perlu diwaspadai varian baru yang harus diantisipasi dengan tindakan preventif yang tepat sehingga tidak mengganggu pemulihan dan pertumbuhan ekonomi dan bisnis tahun 2022," ujarnya.

Sebagai informasi, untuk melakukan pendaftaran guna mengikuti gelaran diskusi tersebut, para peserta dapat melakukannya melalui link di bit.ly/myshipgo_imc38 atau WA di +6281905604999.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya