Tol Manado-Bitung Dioperasikan Fungsional Mulai 23 Desember-4 Januari

Jalan Tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara.
Sumber :
  • Dok. Jasa Marga

VIVA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) telah mempersiapkan sejumlah langkah guna menghadapi peningkatan gelombang arus lalu lintas di momentum Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Operation and Maintenance Management Group Head JSMR, Atikah Dara Prahita menjelaskan, salah satu upaya persiapan yang dilakukan pihaknya guna menghadapi momen Nataru adalah dengan mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Manado-Bitung, Segmen Ruas Danowudu Bitung, sepanjang 13,65 kilometer (Km).

"Di mana Tol Manado-Bitung Segmen Ruas Danowudu Bitung itu akan mulai dibuka pada 23 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022 pada pukul 06.00-18.00 WITA," kata Atikah dalam telekonferensi, Rabu 22 Desember 2021.

Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Atika Dara Prahita.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Pada kesematan yang sama, Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division Head, Teddy Rosadi memastikan, dari aspek kesiapan, Tol Manado-Bitung itu secara fungsional memang sudah siap digunakan.

Detik-detik Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jomo, Diduga Gegara Pecah Ban

"Ditambah, kami juga telah menerima permintaan dari Pemda untuk mengoperasikan secara fungsional dari 23 Desember hingga 4 januari," kata Teddy.

Namun, dia juga menjelaskan bahwa tol Manado-Bitung itu nantinya hanya akan digunakan pada pagi dan siang hari saja.

"Yakni mulai dari pukul 06.00 pagi sampai pukul 18.00 sore," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Pemprov Sulawesi Utara telah mengeluarkan edaran yang menyatakan bahwa pada tanggal 23 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022, masyarakat akan bisa memanfaatkan jalan Tol Manado-Bitung ruas Danowudu-Bitung tanpa dipungut bayaran.

Hal itu sebagaimana yang sebelumnya juga telah diutarakan oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, yang mengatakan jalan Tol Manado-Bitung seksi II-B Danowudu-Bitung itu akan dibuka gratis menjelang Natal dan tahun baru.

Dia berharap, apabila nanti ruas Tol Danowudu-Bitung ini sudah operasionalkan, maka hal itu akan mampu mengurai kemacetan yang kerap terjadi di ruas jalan arteri saat Natal dan tahun baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya