Ganjar Cek Harga Bahan Pokok ke Pasar, Minyak Goreng hingga Cabai Naik

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengecek harga bahan pokok di pasar.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Harga sejumlah bahan pokok di Kota Semarang mengalami kenaikan menjelang natal dan tahun baru. Ada lima bahan pokok yang mengalami kenaikan cukup tajam. Yaitu minyak goreng, telur, ayam, cabai, dan bawang merah.

Belum Tentukan Jadi Oposisi atau Gabung Pemerintah, Hanura Lihat Dinamika Politik

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mengecek pasar hari ini, Kamis, 23 Desember 2021, mengungkapkan bahwa lima komoditas bahan pokok tersebut menjadi perhatian tim pengendali inflasi daerah untuk segera diselesaikan.

"Saya tadi keliling ke tiga pasar, ada kenaikan harga pada minyak goreng, telur, ayam, cabai setan, terus kemudian bawang merah. Kita akan koordinasikan agar tim pengendali inflasi daerah segera bekerja," kata Ganjar.

KPU Undang Anies dan Ganjar Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres 2024

Ilustrasi minyak goreng

Photo :
  • U-Report

Dari pantauan tiga pasar di Kota Semarang yaitu Pasar Wonodri, Pasar Kanjengan, dan Pasar Jalan Prembaen, kenaikan harga lima komoditas cukup tinggi. Cabai rawit merah misalanya, harganya melonjak sampai 80 ribu rupiah per kilogram. 

Hormati Putusan MK, Eks Ketum PB HMI: Saatnya Bekerja untuk Indonesia Maju

"Cabai Rawit naik, cabai hijau dan merah, bawang merah juga. Lainnya ayam potong, telur, dan minyak goreng juga naik," kata salah satu pedagang di Pasar Prembaen.

Terkait kenaikan harga tersebut, Ganjar menyebut pihaknya telah mengkoordinasikan dengan Wali Kota Semarang dan segera dikomunikasikan dengan Kementerian terkait agar segera bisa diselesaikan dan harga bahan pokok kembali terkendali. Pihaknya juga akan melakukan operasi pasar.

"Kami akan coba komunikasi dengan kementerian yang ada di pusat. Khususnya yang agak lama ini minyak goreng. Maka kalau tidak nanti kita akan lakukan operasi pasar saja," tegasnya.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno/tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya