Jokowi Lirik Proyek Ini Jadi Contoh Pembangunan Ibu Kota Baru

Presiden Jokowi saat mengecek proyek yang jadi studi banding untuk Ibu Kota Baru.
Sumber :
  • Istimewa/Sherly (Tangerang)

VIVA – Sejumlah proyek properti mendapatkan penghargaan FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021. Salah satunya diberikan pada perusahaan properti di Tangerang, yakni Summarecon Agung.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

"Kami bersyukur, ini membuka kesempatan bagi pengembang nasional bersaing di tingkat dunia," kata Executive Director Summarecon Serpong, Magdalena Juliati, Kamis, 30 Desember 2021.

Menurutnya, ini menjadi wujud apresiasi atas konsep pihak pengembang dalam mewujudkan hunian yang nyaman dan terjangkau. Terutama dalam memanfaatkan lahan yang ada. Di mana, pihaknya mampu memanfaatkan lahan danau bekas galian danau menjadi hunian yang apik dan modern.

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

Presiden Direktur Summarecon, Adrianto P Adhi mengatakan, salah satu proyek yang mendapatkan penghargaan yakni, Rainbow Springs Condovillas. Pemukiman lebih dari 8 hektare ini berdampingan langsung dengan danau bekas galian pasir yang direvitalisasi.

Proyek Rainbow Springs Condovillas.

Photo :
  • Istimewa/Sherly (Tangerang)
Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Di sana, pihaknya memilih untuk tidak menguruk atau meratakan bekas galian pasir itu, melainkan menjadikannya danau buatan.

Yang mana dengan tujuan mampu memberikan benefit keindahan, dan adanya konservasi ekosistem yang sudah terbentuk. Sekaligus memperbaiki pinggiran danau dengan vegetasi yang lebih baik.

"Danau ini juga memiliki fungsi khusus yaitu untuk menurunkan suhu permukaan kawasan hunian ini. Danau ini juga memiliki fungsi sebagai retention pond, menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, estetika, hingga pengairan," ujarnya.

Atas ide dan proyek itu, lanjut dia, Presiden Jokowi pun mengunjungi kawasan itu dan meminta untuk mengimplementasikanya di Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

"Sempat dikunjungi pak Presiden dalam rangka studi banding bagi rencana pembangunan ibu kota negara baru. Lantaran, untuk kawasan Summarecon, Rainbow Springs Condovillas dinilai memiliki keunggulan dalam membangun sebuah jenis produk properti baru yang mampu mendukung sustainability ekosistem dan berwawasan lingkungan," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya