Prospek Asuransi Rangka Kapal 2022 Diproyeksi Cerah, Ini Pendorongnya

Sekretaris Perusahaan Asuransi Jasindo Cahyo Adi.
Sumber :
  • Dokumentasi Jasindo.

VIVA – PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo optimistis prospek produk asuransi rangka kapal (marine hull) akan tumbuh positif pada tahun 2022. Penanganan pandemi yang baik dilakukan oleh Pemerintah, bakal mengenjot tumbuhnya industri maritim Indonesia.

Kronologi Seorang Pemudik Meninggal Dunia di Area Parkir Kapal

Sekretaris Perusahaan Asuransi Jasindo Cahyo Adi mengatakan, dengan penanganan pandemi yang semakin baik optimis tahun depan proses pemulihan ekonomi akan semakin cepat. 

"Dan diharapkan akan diikuti oleh perbaikan Sektor Industri Perkapalan,” kata Cahyo di Jakarta, dikutip dari keterangannya, Kamis, 30 Desember 2021.

Estafet Obor Olimpiade Paris 2024 Dimulai! Dinyalakan dari Tempat Kelahiran di Yunani

Cahyo menambahkan, prospek pembangunan kapal-kapal pesanan pemerintah serta adanya kenaikan kebutuhan atas industri pelayaran untuk mengangkut pergerakan orang dan barang. Bakal membuat semakin meningkatkan pandangan optimistis Asuransi Jasindo akan pertumbuhan premi lini bisnis asuransi marine hull. 

Sinyal-sinyal peningkatan kinerja asuransi rangka kapal itu pun sudah terlihat dari capaian tahun ini. Di mana produksi premi mengalami kenaikan yang sangat signifikan di bandingkan tahun sebelumnya yang juga menghasilkan hasil underwriting yang cukup baik. 

Hadapi Puncak Arus Balik Lebaran, Menhub Tambah Perjalanan Kapal dari Sumatera ke Jawa

"Faktor pendorong lainnya salah satunya adalah kenaikan jumlah ekspor Batu bara pada tahun ini yang berdampak pada kenaikan demand kapal angkutan batu bara,” jelasnya.

Suasana pembuatan kapal di galangan kapal Batam

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Walau secara umum industri perkapalan mengalami penurunan akibat pandemi, terutama terhadap segmen pengangkutan penumpang, namun segmen pengangkutan barang justru mengalami peningkatan pesat. Hal ini berbanding lurus dengan kenaikan siginfikan pada sektor bisnis e-Commerce.

“Seiring dengan membaiknya penanganan pandemi, terutama setelah dilakukan vaksinasi secara intensif maka kegiatan perekonomian termasuk industri perkapalan juga mengalami kenaikan aktivitas. Oleh karena itu Asuransi Jasindo , yang merupakan bagian dari Indonesia Financial Group (IFG),  optimistis hingga akhir tahun asuransi marine hull akan mengalami kenaikan dan tetap menunjukkan kinerja yang positif,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya