Rencana Revisi UU Cipta Kerja Dorong Penguatan Rupiah Hari Ini

Rupiah Menguat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat diprediksi masih akan dibuka berfluktuatif, namun ditutup menguat pada perdagangan hari ini.

Rupiah Melemah ke Level Rp 16.192 Per Dolar AS, Investor Cermati Dinamika Konflik Timur Tengah

Berdasarkan data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate atau Jisdor, kurs rupiah terakhir terhadap dolar Amerika Serikat berada di level Rp14.278 per. Posisi rupiah itu tercatat melemah 9 poin dari kurs sebelumnya, yang berada di level Rp14.269 per dolar AS.

Sementara itu, perdagangan di pasar spot pada Senin 3 Januari 2022 hingga pukul 10.10 WIB, rupiah ditransaksikan di level Rp14.252 per dolar AS, atau melemah 45 poin atau 0,31 persen dari posisi sebelumnya di level Rp14.207 per dolar AS.

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 3 Januari 2022: Global Stagnan, Antam Meroket

Uang kertas rupiah dan dolar AS.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Rupiah Mulai Perkasa Seiring Meredanya Konflik Israel-Iran

Analis PT Garuda Berjangka, Ibrahim menjelaskan, pasar optimis bahwa Undang-undang Cipta Kerja akan segera direvisi sebagaimana yang diminta oleh Mahkamah Konstitusi dalam rentang waktu dua tahun ke depan.

Apalagi, proyek revisi UU Cipta Kerja ini disebut-sebut bakal masuk ke dalam program prioritas legislasi nasional tahun 2022, di mana ada dua Undang-undang yang bakal direvisi.

Kedua Undang-undang tersebut yakni UU No. 12 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, dan Undang-undang No. 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Diperkirakan, proses revisi akan dilakukan untuk UU No. 12 terlebih dahulu, baru setelah itu UU Cipta Kerja akan direvisi.

"Rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup menguat di rentang Rp14.240-Rp14.290," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya