Resmikan Bendungan Randugunting, Jokowi Harap Ketahanan Pangan Membaik

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora Jawa Tengah
Sumber :
  • Agus Suparto/ Fotografer Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Randugunting, di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, Rabu 5 Januari 2022. Sebelum melakukan peresmian, seperti biasa Kepala Negara mengelilingi bendungan tersebut dengan sebuah perahu.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Dengan menggunakan rompi pelampung, Jokowi mengitari bendungan. Selain itu, Jokowi juga terlihat ikut serta melakukan penanaman pohon di sekitar taman bendungan tersebut.

"Pada siang hari ini Alhamdulillah kita bisa melihat Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah telah selesai dan bisa dimanfaatkan. Bendungan ini memiliki kapasitas tampung air sebesar 14,4 juta m³," kata Jokowi, Rabu 5 Januari 2022.

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

Waduk Randugunting di Blora Jawa Tengah

Photo :
  • Agus Suparto/ Fotografer Presiden

Dengan daya tampung air sebesar itu, maka diperkirakan bendungan ini dapat mengairi sekitar 650 hektare sawah. Tidak hanya untuk Blora, tetapi juga kabupaten lain disebut bisa memanfaatkan air di bendungan ini. Maka para petani tak perlu lagi kesulitan mendapatkan air untuk mengairi sawah mereka.

Hasto PDIP Jawab Tudingan Jadi Penghambat Pertemuan Jokowi-Megawati

"Bisa mengairi kurang lebih 650 hektare sawah yang berada di Kabupaten Blora, Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang. Kita berharap dengan selesainya Waduk Randugunting di Kabupaten Blora ini, ketahanan pangan kita akan semakin baik, kemandirian pangan kita akan semakin baik," jelas Jokowi.

Kunci Ketahanan Pangan Adalah Air

Saat ini, pemerintah memiliki fokus untuk memperbanyak bendungan di setiap wilayah Indonesia. Karena banyaknya bendungan, akan membuat Indonesia mandiri dalam penyediaan pangan.

"Karena kunci dari ketahanan pangan adalah air dan air itu akan ada kalau kita memiliki waduk yang sebanyak-banyaknya," kata mantan Gubernur DKI itu.

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora Jawa Tengah

Photo :
  • Agus Suparto/ Fotografer Presiden

Selain untuk mengairi sawah, Jokowi juga berharap bendungan yang diresmikan dapat menjadi objek wisata. Sehingga bendungan yang ada juga dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar.

"Yang terakhir kita harapkan juga Waduk Randugunting ini nanti juga bisa menjadi tempat pariwisata yang sangat baik bagi Kabupaten Blora dan masyarakat di sekitar Kabupaten Blora," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya