Sosok Risma, TKW Tidak Lulus SD Sukses Jadi Miliarder

Risma, TKW sukses jadi miliarder
Sumber :
  • YouTube / Faiz Slamet

VIVA – Belakangan ini sosok Risma menggemparkan publik. Risma adalah seorang TKW tidak lulus SD dan kini jadi miliarder dan memiliki rumah 27 kamar. Siapakah sosok Risma ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Sosok Risma, TKW Sukses Meski Tidak Lulus SD

Sosok Risma menjadi sorotan publik karena ia sukses menjadi seorang TKW. Dikutip dari kanal youtube Faiz Slamet, Risma adalah seorang TKW sukses yang sudah terkenal di kota Makkah, Jeddah, dan Madinah. Risma memiliki usaha Katering haji dan camilan Indonesia. Meskipun tidak lulus sekolah dasar (SD), tapi dirinya pernah menghasilkan uang sebesar 1 juta real atau setara dengan 3,7 miliar rupiah pada saat melayani Katering haji plus di tahun 2010.

Menko Airlangga Undang Pengusaha Singapura Kembangkan Bisnis di RI Lewat ISBF 2024

Risma Pengusaha Sukses

Risma, TKW sukses jadi miliarder

Photo :
  • YouTube / Faiz Slamet
Wapres Maruf: Pengusaha Jangan Abai Bayar THR Karyawan, Bisa Kena Sanksi

Risma adalah seorang pengusaha yang sukses. Usaha yang ia jalani adalah Katering dan camilan Indonesia. Diketahui jika usaha camilannya sudah masuk ke semua toko camilan Indonesia di Arab Saudi. Bisnisnya tersebut sudah memproduksi 33 jenis camilan. Pengusaha sukses ini rupanya tidak lulus SD. Dalam pengakuannya di kanal youtube Faiz Slamet, ia hanya lulus kelas 5 SD. Risma tidak melanjutkan sekolah karena terbentur masalah ekonomi. Diketahui jika saat ini Risma sudah memiliki tiga anak.

Bercita-cita Mendirikan Pondok Pesantren

Risma, TKW sukses jadi miliarder

Photo :
  • YouTube / Faiz Slamet

Meski telah besar dan tinggak di Mekah, ia memiliki cita-cita ingin mendirikan sebuah pesantren di Indonesia.

"Cita-cita saya ingin membangun lembaga aja di Indonesia. Lembaga seperti pondok pesantren dan yatim piatu ada cita-cita seperti itu," jelas Risma di kanal youtube Faiz Slamet.

Karyawan Risma Diperlakukan Istimewa
Risma mengatakan jika semua karyawannya dibuatkan kamar khusus agar nyaman dalam bekerja. Salah satu karyawan Risma saat wawancara dengan Faiz mengatakan jika gaji yang diperoleh sekitar Rp15 juta per bulan, tergantung laris atau tidaknya dagangan tersebut. Jika laris, maka gajinya akan ditambah.

Risma Memiliki Apartemen 27 Kamar
Pengusaha catering dan camilan Indonesia ini memiliki apartemen empat lantai dengan jumlah kamar sebanyak 27. Dalam video YouTube tersebut, Risma memperlihatkan seluruh kamar dari apartemen yang ia punya. Meski memiliki banyak ruang kamar, namun tidak semua ditempatinya.

Rumah tersebut memiliki rooftop yang luas. Risma mengaku jika harga sewa apartemen yang ia miliki sebesar 130.000 Real atau sekitar Rp 500 juta per tahun. Selain itu ia juga memiliki mobil mewah Toyota Rav4 yang harganya lebih dari 100.000 Real atau setara dengan Rp 381 juta. Mobil mewah warna hitam tersebut berada di lantai empat apartemen Risma.

Pesan Risma untuk TKW yang bekerja di Arab Saudi dan ingin mengikuti jejak suksesnya yaitu harus lebih semangat, banyak berdoa dan harus yakin jika ingin sukses.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya