Kolaborasi INACA dan Boeing Genjot Industri Penerbangan 2022

Ilustrasi pantauan penerbangan dari ATC.
Ilustrasi pantauan penerbangan dari ATC.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

VIVA – Ekonomi RI khususnya sektor penerbangan masih dihantui Pandemi COVID-19 saat ini. Karena itu dinilai sektor tersebut dukungan semua pihak agar bisa bertahan dan keluar di masa sulit ini. 

Merespons hal tersebut, Indonesia National Air Carrier Association (INACA) dan Boeing Company berkomitmen meningkatkan kerja samanya pada tahun ini. Khususnya, untuk membangkitkan industri penerbangan di Tanah Air.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal INACA, Bayu Sutanto saat membuka Fleet Planning Workshop Certificate Luncheon di Jakarta, Rabu, 12 Januari 2022. Pada kegiatan ini juga dihadiri oleh Country Director Indonesia The Boeing Company, Stephen Lakeway.

Menurut Bayu, Akibat adanya pembatasan mobilisasi masyarakat untuk menghambat penyebaran Virus Corona berimbas pada menurunnya jumlah penumpang pesawat hingga saat ini. Hal tersebut akhirnya berdampak pada revenue pendapatan maskapai penerbangan.

"Karena itu, kami bersama Boeing Company telah menyelenggarakan Fleet Planning Workshop yang diikuti oleh 58 peserta dari perwakilan perusahaan penerbangan dan berjalan lancar dan sukses. Kami akan terus bekerja sama membuat kegiatan bersama sehingga dapat membangkitkan industri penerbangan," kata Bayu.

Ke depannya, tambah Bayu, INACA telah menandatangani MoU bersama dengan pihak Boeing untuk lima acara lainnya pada 2022. Mencakup beberapa aspek dari Keselamatan hingga Operasi dan acara terdekat adalah Simposium Keselamatan yang direncanakan pada 22-23 Maret mendatang.

Lebih lanjut dia menegaskan, INACA tetap optimis jika pandemi akan segera berakhir dan industri penerbangan akan kembali bangkit. Di mana dalam Whitepaper INACA bekerjasama dengan Universitas Pajajaran, menyebutkan bahwa penerbangan domestik Indonesia akan mulai rebound pada tahun 2022 dan optimal seperti sebelum pandemi pada tahun 2024. 

Halaman Selanjutnya
img_title