Intip Transfer Knowledge Tunnel 2 Proyek KCJB yang Disambangi Luhut

Tunnel 2 Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung.
Sumber :
  • Dokumentasi KCIC.

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi lokasi pengerjaan konstruksi Tunnel 2 Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Kemarin. Hal itu dilakukan guna memastikan progress pembangunan proyek berjalan dengan baik.

Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN

Dalam kunjungannya, Luhut mendengarkan paparan dari kontraktor Tunnel 2 mengenai progress pengerjaan terowongan. Kemudian apa tantangan yang dihadapi dan solusi yang sedang dilakukan.

“Termasuk soal keamanan dan transfer knowledge yang terjadi selama pengerjaan konstruksi berlangsung. Kami sangat senang tentunya karena kehadiran beliau adalah suatu bentuk dukungan bagi kami yang saat ini sedang melakukan percepatan pembangunan,” ujar Presiden Direktur KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi dikutip dari keterangannya, Kamis, 13 Januari 2022.

Luhut Sebut Apple Bakal Investasi Besar: Tim Cook Baru Sadar RI Potensial

Titik konstruksi Tunnel 2 merupakan salah satu titik konstruksi dengan tantangan geografis yang tinggi dalam proyek KCJB. Karena lokasinya berada di area clay shale. Tunnel 2 ini akan menjadi terowongan pertama di Indonesia yang berhasil dibangun di area clay shale.

Dwiyana menjabarkan, area clay shale merupakan jenis tanah dengan karakteristik yang mudah lapuk apabila terekspos saat penggalian berlangsung. Mengingat kondisi tanah yang memiliki potensi menimbulkan pergerakan konstruksi timbunan maupun konstruksi jalan yang terdapat di atasnya, sehingga proses pembangunan tunnel harus dilakukan dengan berhati-hati dan seksama.

Menko Luhut Siap Beri Insentif ke Apple Agar Mau Berinvestasi di RI

Tunnel 2 memang salah satu titik tersulit. Lokasinya berada di area clay shale yang karakteristik tanahnya mudah lapuk apabila terekspos saat penggalian berlangsung. Untuk itu, diperlukan kehati-hatian dalam pengerjaannya dan tidak bisa dilakukan secara terburu-bur,” terang Dwiyana.

Dia mengatakan, dalam penanganan Tunnel 2 terjadi transfer teknologi antara tenaga ahli tunnel dan grouting dari Tiongkok dengan tenaga ahli lokal dalam hal ini dari Institut Teknologi Bandung. Mengingat seluruh tenaga ahli baik dari Tiongkok ataupun Indonesia berkolaborasi untuk menangani tantangan geografis di Tunnel 2.

Menko Luhut Kunjungi Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Photo :
  • Antara.

“Para ahli dari Tiongkok dan ITB tersebut akan dimaksimalkan untuk transfer knowledge kepada seluruh pekerja KCJB di titik konstruksi tersebut,” terang Dwiyana.

Lebih lanjut, Dwiyana menyebutkan bahwa tenaga ahli berpengalaman tersebut didatangkan untuk membantu bagian permukaan terowongan. Karena sangat
menguasai metode grouting yang selama ini dipakai untuk mengerjakan beberapa proyek terowongan KCJB.

“Kami akui bahwa dalam pengerjaan Tunnel 2 yang berada di area clay shale membutuhkan penanganan khusus. Dikarenakan pengerjaan Tunnel 2 KCJB
menggunakan metode grouting, kami mengumpulkan para ahli tunnel yang menguasai grouting dari Tiongkok dan dari ITB untuk membantu memperkuat surface tunnel atau permukaan terowongan,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya