Komandan MotoGP Mandalika Pastikan Tak Ada Lagi Viral Sirkuit Banjir

Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto.
Sumber :
  • antara.

VIVA – Komandan Lapangan Persiapan MotoGP Mandalika 2022, Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto mengungkapkan, persiapan jelang gelaran internasional tersebut terus dimaksimalkan saat ini.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Drainase di kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika akan ditambah. Dalam rangka antisipasi genangan air di dalam sirkuit maupun banjir di kawasan.

"Sehingga berita-berita yang kemarin itu viral, sirkuitnya banjir, kita antisipasi," kata Hadi dalam keterangan tertulisnya di Praya, Kamis, 13 Januari 2022.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Dia mengatakan, kondisi dan kelayakan sirkuit jadi salah satu fokus pembenahan yang dikebut dalam waktu dekat. Langkah ini diambil setelah mengevaluasi pelaksanaan World Super Bike (WSBK) pada 19--21 November 2021 lalu di lokasi yang sama, sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika.

"Pengerjaannya dibagi ke dalam tiga sistem tier," katanya.

Mobil-mobil JDM Bakal Ramaikan Sirkuit Mandalika

Pintu Masuk Sirkuit Mandalika.

Photo :
  • Septian Farhan Nurhuda.

Menurutnya, tier 1 adalah paddock area, kemudian tier 2 adalah lintasan sirkuit, dan terakhir tier 3 adalah area penonton."Penambahan drainase pun dilakukan, baik di bagian dalam maupun bagian luar sirkuit," katanya.

Sementara itu bagian drainase di luar sirkuit diungkap Hadi, telah selesai proses pengerjaan. Termasuk membenahi Lagoon atau danau di pinggir laut.

"Lagoon akan kita kasih pompa air yang kecepatannya sekian kubik, sehingga jangan sampai terlambat, jangan sampai sudah menggenang dulu baru disedot," katanya.

Sedangkan, sarana pendukung di luar sirkuit, yaitu jalan penghubung menuju sirkuit, mulai dari bandara di bypass sampai ke Mandalika, termasuk akses depan arena juga dipastikan telah siap digunakan dengan baik.

"Langkah ini dilakukan untuk menjamin kelancaran lalu lalang pihak yang berkepentingan di area-area tersebut," katanya. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya