Kadin dan 6 Serikat Pekerja Bentuk Pokja Bahas Kesejahteraan Buruh

Kadin dan 6 Serikat Pekerja bentuk Pokja bahas kesejahteraan buruh.
Kadin dan 6 Serikat Pekerja bentuk Pokja bahas kesejahteraan buruh.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar pertemuan dengan sejumlah serikat pekerja atau serikat buruh, guna membahas soal masa depan kesejahteraan pekerja Indonesia. Para serikat pekerja tersebut antara lain yakni KSPSI Andi Gani Nena, KSPSI Yorrys R, KSPI, KSBSI, Sarbumusi dan KSPN.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid menekankan, pertemuan yang dirancang untuk digelar secara rutin ini diharapkan akan mampu menemukan berbagai keselarasan antara dunia usaha dengan sektor ketenagakerjaan, demi menciptakan iklim usaha dan iklim kerja yang sehat.

"Karena pengusaha membutuhkan buruh dan buruh membutuhkan pengusaha, jadi kita saling membutuhkan," kata Arsjad dalam konferensi pers di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis 13 Januari 2022. 

"Maka kita harus melakukan upaya-upaya yang ujungnya adalah kesejahteraan bagi para pekerja Indonesia," ujarnya.

Aksi demo buruh menuntut kenaikan upah di Semarang, 30 November 2021

Aksi demo buruh menuntut kenaikan upah di Semarang, 30 November 2021

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

Arsjad mengatakan bahwa dari diskusi antara Kadin dan para serikat pekerja itu, semua pihak telah sepakat untuk membentuk kelompok kerja (pokja) guna mendiskusikan isu-isu kesejahteraan buruh secara lebih serius dan mendalam.

Salah satunya yakni pembentukan Rumah Ketenagakerjaan Nasional, yang akan secara rutin menjadi forum diskusi antara pihak pengusaha yang diwakili oleh Kadin Indonesia, dengan para buruh yang diwakili oleh serikat-serikat pekerja tersebut.