SPKLU Mobil Listrik Pertama Hadir di Maluku dan Maluku Utara

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk electric vehicle (EV) charging mobil listrik pertama di Maluku dan Maluku Utara dijadwalkan diluncurkan pada 17 Januari 2022 yang berlokasi di Jalan Sultan Hairun, Kota Ambon.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – PLN segera menghadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk Electric Vehicle (EV) Charging Mobil Listrik pertama di Maluku dan Maluku Utara.

PLN IP Targetkan Perdagangan Karbon Naik 2 Kali Lipat dari 2,4 Juta Ton CO2 di 2023

"SPKLU akan diluncurkan pada 17 Januari 2022 yang berlokasi di Jalan Sultan Hairun, Kota Ambon, " kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Adams Yogasara, Kamis, 13 Januari 2022.

Ia mengatakan, progres pembangunan SPKLU ini telah rampung dan segera digunakan oleh para pengguna mobil listrik di kota Ambon.

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Hadirnya SPKLU ini, diharapkan meningkatkan pengguna mobil listrik, sehingga dapat meningkatkan penggunaan energi bersih dan lebih ramah lingkungan di kota Ambon.

SPKLU yang dihadirkan di Ambon ini adalah EV Charger jenis Fast Charging dengan daya 50 kilo watt (kW).

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Ilustrasi mobil listrik

Photo :
  • Paultan

Dengan menggunakan EV Charger ini, para pengguna mobil listrik dapat melakukan pengisian kendaraan listriknya hingga 100 persen selama 45 menit dari posisi 0 persen.

Pengisian melalui EV Charger di SPKLU ini pun membutuhkan waktu lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan home charging atau pengisian daya di rumah yang dapat menyerap waktu hingga enam jam.

Ia menjelaskan, sebelumnya PLN pada 2021 telah menghadirkan SPKLU untuk motor listrik di Ambon.

Hadirnya SPKLU itu pun akhirnya berhasil menarik hadirnya mobil listrik di Kota Ambon.

"Kami pun langsung segera menyiapkan infrastruktur pendukung ekosistem mobil listrik untuk di Kota Ambon ini dan akhirnya kami hadirkan SPKLU yang bisa digunakan untuk mobil listrik yang kini sudah dapat kita temui di kota Ambon," kata Adams. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya