Bekas Pertambangan Liar Diubah Antam Jadi Tempat Wisata

Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum
Sumber :
  • Antara.

VIVA – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meresmikan Kawasan Wisata Ciguha River di kawasan Kampung Ciguha, Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Tempat wisata ini dulunya merupakan tempat penambangan liar atau gurandil dan sempat tercemar limbah berat.

Harga Emas Hari Ini 23 April 2024: Produk Antam Amblas, Global Bervariasi

Kawasan tersebut telah berhasil disulap menjadi kawasan wisata, yang sekaligus berperan sebagai sungai bio indikator terhadap pencemaran air demi mendukung SDG's.

Adapun terbentuknya kawasan wisata ini diinisiasi para local heroes yang beberapa di antaranya merupakan mantan gurandil. Upaya itu juga mendapat dukungan dari PT Antam, serta unsur Pemerintah setempat.

Harga Emas Hari Ini 22 April 2024: Produk Global dan Antam Kompak Merosot

"Berbicara masalah tambang selalu menguntungkan, di sisi lain kalau pengelolaannya tidak profesional tidak sesuai dengan aturan bukan hanya keuntungan tapi juga madharat yang ada," kata Uu Ruzhanul Ulum dalam keterangan tertulisnya dikutip Jumat, 14 Januari 2022.

Uu Ruzhanul bersyukur eks tambang yang menjadi lebih hijau dan asri saat ini. Kemudian, diharapkan mampu menghadirkan peradaban baru yang lebih indah dan tentram.

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Gedung ANTAM (Aneka Tambang)

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

"Oleh karena itu dengan hijrahnya pola pikir masyarakat dan PT Antam, luar biasa atas nama Pemda Provinsi Jabar terima kasih mengubah Pongkor menjadi hebat, pulih seperti yang dirasakan kali ini. Alhamdulillah hari ini pengelolaan di sekitar Gunung Pongkor ini sudah sesuai semoga tidak ada kemadharatan," ujarnya.

Diketahui, PT Aneka Tambang Tbk melalui Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor kembali meraih peringkat Proper Emas atas kinerja perseroan dan inovasi pengelolaan lingkungan hidup serta sosial periode 2020-2021.

Antam pun meraih dua peringkat Proper Hijau melalui Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Bauksit Kalimantan Barat dan Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia.

Tidak hanya itu, perseroan yang merupakan bagian dari Mind Id, BUMN di sektor pertambangan, juga meraih tiga peringkat Proper Niru melalui UBP Nikel Sulawesi Tenggara, UBP Nikel Maluku Utara dan anak usaha PT Cibaliung Sumberdaya.

Adapun peringkat Proper merupakan program penilaian kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penghargaan Proper Emas diberikan secara langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dalam Anugerah Lingkungan Proper 2021. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya