Ada Menteri Basuki, 57 Bendungan Yang Diinginkan Jokowi Bisa Tercapai

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora Jawa Tengah
Sumber :
  • Agus Suparto/ Fotografer Presiden

VIVA – Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Yoga optimis Presiden Joko Widodo akan menuntaskan pembangunan 57 bendungan sebelum berakhir pada 2024. Menurut dia, keinginan Jokowi ini dapat terwujud tidak terlepas dari kerja keras Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono dalam menuntaskan beberapa proyek sejak periode pertama 2014-2019.

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

"Kalau melihat dari kinerja Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono kemampuan untuk menuntaskan proyek-proyek infrastruktur sejak 2014 lalu, maka target penyelesaian 57 bendungan kemungkinan besar dapat dicapai," kata Yoga saat dihubungi wartawan pada Sabtu, 15 Januari 2022.

Namun, Yoga mengatakan impian Jokowi untuk menyelesaikan pembangunan 57 bendungan itu bisa terealisasi apabila tidak ada masalah dalam hal pembebasan lahan. Sebab, pembebasan lahan ini seringkali alot dan berlarut-larut.

Menteri PUPR Sebut Operasi 7 Ruas Tol Fungsional Sukses Perlancar Arus Mudik Lebaran 2024

"Selain itu, penanganan pandemi COVID-19 dapat segera selesai (perihal keterbatasan dan prioritas anggaran), serta masalah cuaca/alam dapat diantisipasi/ditangani dengan baik sejak awal," jelas dia.

Di samping itu, Yoga memberi catatan bahwa percepatan pembangunan bendungan harus diikuti dengan perencanaan yang matang, pekerjaan konstruksi yang berkualitas, kepastian pembiayaan yang jelas dan berjangka panjang.

Menteri PUPR: 61 Bendungan Bakal Rampung di Oktober 2024

Bendungan Juga Untuk Wisata

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora Jawa Tengah

Photo :
  • Agus Suparto/ Fotografer Presiden

Menurutnya, proses pembangunan jangan sampai mengorbankan atau merugikan rakyat, mulai dari proses sosialisasi apa manfaat bendungan bagi masyarakat sekitar atau daerah tersebut. Lalu bagaimana proses pembebasan lahan yang menguntungkan masyarakat, bagaimana melibatkan masyarakat lokal dalam pembangunannya, serta bagaimana manfaat bendungan bagi kesejahteraan masyarakat.

"Pemda dan masyarakat lokal juga diberi kesempatan untuk mengoptimalkan bendungan di luar fungsi utama sebagai pengendali banjir, pembangkit listrik tenaga air, pengairan persawahan, dan penyediaan air minum, seperti pengembangan pariwisata bendungan, kebun raya mini/hutan ekowisata, olahraga air," jelasnya.

Presiden Jokowi & Ibu Negara Iriana di Bendungan Bintang Bano, Sumbawa Barat NTB

Presiden Jokowi & Ibu Negara Iriana di Bendungan Bintang Bano, Sumbawa Barat NTB

Photo :

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Bintang Bano, di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat, 14 Januari 2022. Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan Bendungan Bintang Bano ini merupakan bendungan ke-29 yang diresmikan sejak 2015.

Jokowi menargetkan sampai akhir masa kepemimpinannya, yakni di 2024 akan ada 57 bendungan dibangun di seluruh Indonesia. "Insya Allah, nanti pada akhir 2024 total bendungan yang akan diselesaikan adalah 57 bendungan di seluruh Tanah Air Indonesia," kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya