Neraca Dagang RI Surplus Beruntun di 2021, Desember US$1,02 Miliar

Ekspor-Impor
Ekspor-Impor
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia sepanjang 2021 mengalami surplus. Pada Desember 2021, surplus perdagangan mencapai 1,02 miliar dolar AS dengan nilai ekspor 22,38 miliar dolar AS dan impor 21,36 miliar dolar AS.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, surplus yang terjadi di Desember 2021 ini merupakan surplus beruntun.

"Kalau kita lihat surplus yang terjadi di Desember 2021 ini merupakan surplus selama 20 bulan beruntun yang selalu mengalami surplus," katanya dalam konferensi pers virtual, Senin, 17 Januari 2022.

Ekspor-Impor

Ekspor-Impor

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Margo menyampaikan, komoditi non migas penyumbang surplus terbesar adalah lemak dan minyak hewan nabati, bahan bakar mineral, serta besi dan baja.

Perdagangan Indonesia dengan tiga negara yang mengalami surplus terbesar yakni dengan Amerika Serikat yang surplus 1,7 miliar dolar dengan komoditas ekspor terbesar yakni pakaian dan aksesori rajutan serta pakaian dan aksesori bukan rajutan.

Kemudian perdagangan RI dengan Filipina mengalami surplus 672,5 juta dolar AS dengan komoditas utama bahan bakar mineral dan bagiannya. Sedangkan perdagangan Indonesia dengan India mengalami surplus 548,1 juta dolar AS dengan komoditas utama bahan bakar mineral, serta lemak dan minyak hewan nabati.