Mundur Lagi, Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi Juni 2023

Presiden Jokowi dan jajaran meninjau proyek kereta cepat Jakarta-Bandung
Presiden Jokowi dan jajaran meninjau proyek kereta cepat Jakarta-Bandung
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan terowongan 2 proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang ada di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin 17 Januari 2022. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan pembangunan KCJB ini sudah mencapai 79,9 persen.

Jokowi mengungkapkan, jika tidak ada aral melintang, proses uji coba kereta cepat ini bisa dilakukan pada akhir tahun 2022. Sementara untuk operasionalnya, akan dilaksanakan pada tahun 2023.

Diketahui, pada awal pembangunan, proyek ini ditargetkan selesai dan beroperasi pada 2019. Kemudian targetnya mundur ke 2021 dan molor lagi ke 2022.

"Sampai saat ini secara keseluruhan kereta cepat Jakarta-Bandung telah diselesaikan 79,9 persen yang kita harapkan nantinya di Akhir Tahun 2022 ini, sudah bisa diujicoba, dan kemudian pada bulan Juni 2023 bisa Kita operasionalkan," kata Jokowi, di Jawa Barat, Senin 17 Januari 2022.

Presiden Jokowi Meninjau Pembangunan Tunnel 2 Kereta Cepat Jakarta Bandung

Presiden Jokowi Meninjau Pembangunan Tunnel 2 Kereta Cepat Jakarta Bandung

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Dalam peninjauan tersebut, Jokowi mengatakan ada sejumlah masalah yang terjadi di terowongan 2 itu. Namun, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak menyebut secara detail masalah apa yang terjadi.

"Utamanya di terowongan 2, yang memang di sini ada masalah yang harus kita selesaikan, masalah teknis yang harus kita selesaikan," ujar Jokowi.