Dukung Kendaraan Listrik, PLN Bangun SPKLU Pertama di Tanah Papua

SPKLU PLN di Kota Jayapura.
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

VIVA – Perusahaan Listrik Negara (PLN) siap mendorong penyediaan infrastruktur dan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan pemilik kendaraan listrik. Termasuk salah satunya di tanah Papua

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Guna mendukung program pemerintah dalam Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia, PLN siap mendorong penyediaan infrastruktur dan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan pemilik kendaraan listrik. 

Komitmen tersebut dibuktikan dengan menghadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Papua, khususnya di Kota Jayapura.

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

Baca juga: Mendag: Besok Minyak Goreng Rp14.000 Serentak di Ritel Modern

Fasilitas SPKLU PLN tersebut saat ini sedang dalam proses pengiriman mesin Electric Vehicle (EV) Charger dari Jakarta dan diperkirakan pada minggu kedua Februari 2022 sudah dapat beroperasi. 

Penggunaan SPKLU di Jakarta Naik Tiga Kali Lipat Selama Periode Lebaran

SPKLU pertama di Papua ini berlokasi di kantor PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Jl. Ahmad Yani No. 18, Kota Jayapura. 

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Abdul Farid menyampaikan bahwa masyarakat tidak perlu ragu untuk memiliki kendaraan listrik di Jayapura. 

Menurut dia, kualitas kendaraan listrik sudah mampu digunakan di kondisi geografis Jayapura, sehingga PLN juga siap menghadirkan berbagai layanan kemudahan berupa charging station, home charging service dengan diskon tarif hingga 30 persen ataupun program tambah daya listrik dengan biaya yang lebih hemat untuk mempermudah isi ulang baterai kendaraan di rumah.

"Mengawali 2022 ini, PLN melaksanankan touring Kendaraan Bermotor Listrik berbasis Baterai (KBLBB) bersama Papua Electric Vehicle (EV) Community pada tiga lokasi di Papua, yakni Jayapura, Wamena dan Asmat," kata Farid di Jayapura, Senin 17 Januari 2022.

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)

Photo :
  • PLN

Ia mengungkapkan langkah ini merupakan bentuk dukungan PLN mengajak masyarakat beralih ke kendaraan listrik. Terlebih banyak keuntungan dari beralih ke kendaraan listrik, mulai dari biaya bahan bakar yang irit, kualitas udara lebih bersih hingga mengurangi konsumsi bahan bakar minyak. 

Sementara itu dengan adanya SPKLU di Jayapura, Farid berharap mampu mendorong penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) secara masif. 

Selain di Jayapura, PLN juga segera membangun 3 SPKLU lagi, yaitu di Manokwari, Sorong dan Biak. "Kami upayakan tahun ini tiga SPKLU tersebut dapat beroperasi," tutup Farid.

Kemudian, di wilayah lain Timur Indonesia, PLN secara serentak meresmikan SPKLU di lima kota, yaitu Labuan Bajo, Mataram, Kendari, Manado, dan Ambon. 

Kedepannya, PLN akan terus meningkatkan jumlah SPKLU di seluruh wilayah Indonesia guna mendorong penggunaan kendaraan berbahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya