Pertamina dan Grab Sepakat Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik

Pertamina dan Grab sepakat perkuat ekosistem kendaraan listrik.
Pertamina dan Grab sepakat perkuat ekosistem kendaraan listrik.
Sumber :
  • Pertamina

VIVA – Pertamina melalui dua subholdingnya, yaitu Pertamina NRE dan Patra Niaga menandatangani nota kesepahaman dengan Grab Indonesia untuk memperkuat ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Ekosistem EV dikembangkan melalui Indonesia Battery Corporation.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut melibatkan beberapa pihak yaitu Pertamina Power Indonesia (Pertamina NRE), Patra Niaga, dan Grab Indonesia.

“Kami sangat menyambut kerja sama strategis ini yang akan mempercepat tumbuh dan berkembangnya ekosistem EV di Indonesia,” ujar CEO Pertamina NRE, Dannif Danusaputro, dikutip melalui keterangannya pada Kamis 20 Januari 2022.

Grab.

Grab.

Photo :
  • Kr-Asia

Sebelumnya bersama dengan PLN, MIND ID, dan Antam,  Pertamina NRE berpartisipasi dalam BUMN baterai Indonesia Battery Corporation (IBC), yang berfokus pada industri baterai dari hulu ke hilir. Produksi ini ditargetkan mencapai 140 GWh pada tahun 2029.

Kemudian, Pertamina tidak hanya berperan pada produksi baterai saja, melainkan juga penyediaan infrastruktur penukaran baterai kendaraan listrik.

Adapun Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) Pertamina, yang dikelola oleh Patra Niaga menjadi titik yang tepat untuk menjadi stasiun penukaran baterai kendaraan listrik. Saat ini Petra Niaga  tengah gencar dengan program Green Energy Station (GES), yaitu konsep SPBU ramah lingkungan.