Sandiaga Uno: MotoGP Mandalika 2022 Tetap Berlangsung

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno
Sumber :
  • VIVA / Wafa

VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan gelaran MotoGP Mandalika 2022 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), harus tetap berlangsung.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Namun, kata Sandiaga, penerapan koridor perjalanan antarnegara selama pandemi berupa travel bubble untuk seluruh kru, pebalap, dan ofisial yang terlibat juga harus dilakukan.

“Jadi kami sudah menyampaikan bahwa the show must go on dengan menyiapkan travel bubble yang merupakan best practice yang selama ini dilakukan terhadap kru dan pebalap pada acara serupa sebelumnya," kata Sandiaga seperti dikutip siaran pers Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo yang diterima di Jakarta, Kamis malam, 20 Januari 2022.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Menurut Sandiaga, tidak ada perlakuan khusus terhadap pebalap, kru, maupun ofisial yang akan berpartisipasi di gelaran balap motor paling bergengsi di dunia tersebut. Semua orang yang datang dari luar negeri wajib menjalani pola travel bubble.

Langkah travel bubble ini juga sudah diujicobakan dalam persiapan perhelatan G-20 di Bali dan di Jakarta pada Desember 2021 dan serta gelaran World Superbike (WSBK) 2021.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Bahkan, persiapan penerapan protokol kesehatan (prokes) perjalanan antarnegara itu akan ditingkatkan agar tidak memicu potensi kasus penyebaran COVID-19 baru yang diakibatkan oleh varian Omicron.

“Ini arahan dari Presiden (Joko Widodo) juga. Saya yakin semua pihak bergandengan tangan untuk menyiapkan dan memastikan bahwa MotoGP ini sinyal kepada dunia tentang kesiapan kita untuk menyelenggarakan event internasional, seperti G20 dan konferensi internasional lainnya,” kata Sandiaga.

Sirkuit Mandalika

Photo :

Mengenai keberatan pihak pemegang hak komersial MotoGP (Dorna Sport) terhadap penerapan protokol kesehatan secara ketat untuk kru, pebalap, dan ofisial, Sandiaga menuturkan, pola travel bubble disiapkan dengan penuh kehati-hatian dan kewaspadaan.

Menurut Sandiaga, panitia penyelenggara MotoGP lokal telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, melalui Satuan tugas (Satgas) COVID-19, berdasarkan prioritas pemerintah untuk pengendalian virus corona tersebut.

Sandiaga juga mengungkapkan, pengendalian COVID-19 di Indonesia telah diapresiasi oleh dunia sebagai salah satu yang terbaik atau best practice.

“Tentunya (prestasi pengendalian COVID-19) perlu kita jaga dan ini yang terus kita komunikasikan bahwa ada ketentuan travel bubble, yakni dalam 1x24 jam seluruh kru, pebalap dan juga ofisial akan menjalani ketentuan travel bubble mulai dari ketibaan mereka di bandara sampai di hotel setelah menjalankan tes PCR dan ini telah disesuaikan juga dengan aturan Kementerian Kesehatan,” kata Sandiaga.

Berdasarkan pengalaman penyelenggaraan balapan World Superbike WSBK pada 2021, Sandiaga optimistis gelaran MotoGP akan berkontribusi signifikan dalam peningkatan ekonomi lokal dan juga nasional.

“Dari segi ekonomi, kami melihat ada peningkatan 20-25 persen dari geliat ekonomi setelah World Super Bike dan kami lihat di 2022 ajang MotoGP ini akan lebih besar minimal 3-4 kalinya,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya