Masih Ada Minyak Goreng di Atas Rp14 Ribu di Pasar, Ini Alasannya

Pedagang pasar tradisional menunjukan dagangan minyak goreng.
Pedagang pasar tradisional menunjukan dagangan minyak goreng.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww

VIVA – Sejumlah pedagang di Kota Solo masih menjual minyak goreng di atas ketentuan dari Pemerintah, yakni Rp14.000 per liter. Mereka menegaskan bukan tidak ingin mengikuti aturan, tapi ada faktor lain yang jadi alasan

Salah satu pedagang Sri di Pasar Legi Solo, Jawa Tengah,. Dia mengatakan, saat ini masih menjual minyak goreng dengan harga Rp38.000 per 2 liter. Artinya harga minyak goreng masih Rp19.000 per liter.

"Ya memang dari distributor harganya masih tinggi, belum ada penurunan," kata pemilik toko Rizal Jaya tersebut, Jumat, 21 Januari 2022.

Dia mengungkapkan, Dengan harga minyak goreng yang masih bertahan tinggi tersebut, diakuinya terjadi penurunan pembelian oleh masyarakat. Persentasenya hingga 30 persen.

"Soalnya di minimarket harganya kan sudah turun, sudah Rp14.000 per liter. Jadi masyarakat pilih beli di sana, memang di tempat kami yang beli jadi tidak banyak," katanya.

Pedagang lain, Radinem mengatakan, sejak ada arahan dari Pemerintah terkait penurunan harga minyak goreng, hingga saat ini ia belum menjual komoditas tersebut.

Minyak goreng.

Minyak goreng.

Photo :
  • U-Report