Perluas Ekosistem Perumahan 2022, Erick Thohir Minta BTN Lakukan Ini

Direktur Utama Bank BTN, Haru Koemahargyo.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

VIVA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggelar rapat kerja guna menetapkan inisiatif, strategi dan target-target perseroan tahun ini. Dalam kesempatan itu, BTN pun mendapatkan misi khusus dari Pemerintah terkait sektor perumahan.

Kode Keras Erick Thohir Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong: Ini Kan yang Ditunggu-tunggu?

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir dalam sambutannya pada raker tersebut menegaskan, BTN harus menjadi solusi perumahan bagi masyarakat Indonesia.

Erick mengigatkan, BUMN saat ini harus melakukan tranformasi besar-besar untuk bisa meningkatkan kontribusinya mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional. Karena, BUMN menyandang sepertiga kekuatan ekonomi Indonesia. 

Terpopuler: Prediksi Putusan MK atas Sengketa Pilpres, Iran Samakan Drone Israel dengan Mainan

Kontribusi BUMN saat ini dikatakan Erick sangat penting agar dapat menjaga keseimbangan ekonomi dan faktor yang bisa mengintervensi lainnya. Seperti dampak dari pandemi COVID-19 yang memicu kesenjangan sosial di masyarakat.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.
Pengakuan Jujur Erick Thohir soal Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Hajar Yordania

Terkait sektor perumahan menurut Erick, BTN harus bisa memperluas ekosistem perumahan. Hal tersebut dilakukan dengan bersinergi bersama BUMN lain dan swasta.

“BTN harus berani merajut saudara-saudara yang ada di BUMN tapi juga merajut para pemain swasta ataupun yang melibatkan juga turunan daripada ekosistem daripada perumahan. Ekosistem perumahan ini lebar, ada semen, besi, cat, furniture. ini luar biasa kalau kita bisa memberikan solusi, seperti super apps, ada solusi, ini positif,” kata Erick saat membuka Raker BTN 2022 di Jakarta, dikutip dari ketereangannya, Minggu, 23 Januari 2022.

Dalam kesempatan itu, Erick juga mengapresiasi rencana BTN yang bersedia melakukan sinkronisasi dengan Kementerian BUMN. Langkah itu untuk mempelajari model smart city dalam pembangunan kota masa depan.

Direktur Utama BTN, Haru Koemahargyo mengatakan, perseroan siap memperluas ekosistem perumahan dengan bersinergi bersama BUMN dan swasta lainnya. Sehingga akselerasi pengembangan sektor perumahan di Indonesia dapat terwujud. 

"Saat ini kerja sama dengan BUMN dan swasta telah dilakukan oleh perseroan, namun Bank BTN perlu memperluas sinergi tersebut untuk mendukung pemenuhan kebutuhan rumah rakyat dalam program satu juta rumah," kata Haru.

Lebih lanjut Haru mengungkapkan, tahun ini BTN dilakukan untuk menyiapkan rencana dan strategi perusahaan dengan semangat 'Bolstering Optimism, Conquering All Challenges'. Haru ditegaskan akan menjadi dasar seluruh insan BTN untuk menggenjot kinerja 2022.

“Tahun 2021 kita menorehkan kinerja yang bagus di tengah pandemi. Tahun 2022 ini kita menyusun beberapa inisiatif di antaranya transformasi kantor cabang agar lebih fokus ke sales and service," ungkapnya. 

"Ekspansi kredit yang mendukung ekosistem perumahan, penyaluran KPR ke milenial dan pekerja informal dan lain sebagainya untuk mencapai target bisnis seperti pertumbuhan kredit dapat menembus double digit, peningkatan Dana Pihak Ketiga khususnya dana murah,” tambahnya. 

Untuk menghadapi disrupsi digital, Haru menuturkan,  strategi khusus juga disiapkan BTN. Salah satunya aktif membuka peluang kerja sama dengan startup fintech yang menyediakan layanan digital banking. Hal itu sejalan dengan upaya BTN mengembangkan digital mortgage ecosystem.

Kerja sama dengan startup itu juga mendukung super apps yang dikembangkan BTN. Mencakup bidang property, creative design, digital marketing, dan startup online research.

Sementara itu, Komisaris Utama Bank BTN Chandra Hamzah berharap, kinerja BTN baik 2021 dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada 2022. 

“Raker ini penting untuk manajemen dalam mengambil langkah-langkah korektif agar optimal mengejar target baru 2022,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya