Pengusaha Nasional Harap Diprioritaskan Garap Proyek di IKN Nusantara

Maket dari pemenang desain Ibu Kota Negara Baru.
Maket dari pemenang desain Ibu Kota Negara Baru.
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

VIVA – Para pelaku usaha nasional berharap mendapatkan prioritas peluang usaha dan investasi pada masa pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Sehingga, roda ekonomi nasional bisa berputar cepat.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang dalam keterangan mengatakan, proses pembangunan IKN akan menjadi peluang bagi pelaku usaha dalam negeri untuk ambil bagian dalam berbagai sektor. Baik menjadi rekanan penyedia barang dan jasa maupun menjadi investor.

"Pelaku usaha berharap agar berbagai peluang kerja dan investasi di ibu kota baru ini, Pemerintah lebih mengutamakan dan memberikan kesempatan kepada pengusaha dalam negeri," katanya dikutip, Senin, 24 Januari 2022.

Sarman, meskipun ada peran investor asing, sebaiknya untuk sektor-sektor tertentu yang membutuhkan teknologi tinggi dan modal besar. Dengan catatan, tetap diwajibkan bermitra dengan UMKM atau pengusaha nasional.

Sementara itu, Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta itu juga mengatakan hal senada. Dunia usaha menyambut baik pengesahan UU IKN karena dengan demikian proses pembangunan ibu kota baru di wilayah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, itu bisa segera dimulai.

Desain Garuda untuk Istana Negara di Ibu Kota Negara Baru.

Desain Garuda untuk Istana Negara di Ibu Kota Negara Baru.

Photo :
  • Tangkapan kamera @suharsomonoarfa.

Menurutnya, perpindahan ibu kota dinilai akan dapat menciptakan pemerataan pertumbuhan ekonomi di kawasan tengah wilayah Kalimantan. Yang berdampak juga ke kawasan timur dengan meningkatnya transaksi perdagangan antarwilayah.