Sudah 7.141 WP Ikut Tax Amnesty Jilid II, Laporkan Harta Rp5,4 T

Pelayanan tax amnesty di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Chandra G Asmara

VIVA – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mencatat, hingga 24 Januari 2022, sudah ada 7.141 wajib pajak yang mengikuti Program Pengungkapan Sukarela (PPS) atau 'tax amnesty' jilid 2. Dari ribuan WP tersebut tercatat dengan nilai harta bersih hingga Rp5,45 triliun.

Tertarik Beli Mitsubishi XForce, Segini Bayar Pajak Tahunannya

Dilansir dari situs resmi DJP, Selasa 25 Januari 2022, ribuan WP yang ikut PPS itu membuat 7.795 surat keterangan. Sementara itu deklarasi dalam negeri dan repatriasi yang diungkapkan mencapai Rp4,58 triliun. 

Sedangkan untuk jumlah PPh yang dilaporkan mencapai Rp591,87 miliar dengan total investasi Rp334,9 miliar. Kemudian pengungkapan Deklarasi luar negeri mencapai Rp543,72 miliar.

Terpopuler: Daftar Pajak Tahunan Toyota Fortuner, Duel Yamaha Nmax vs Honda PCX Bekas

Sejumlah wajib pajak antre untuk melakukan pelaporan SPT Pajak Tahunan di Kantor KPP Pratama Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 22 Februari 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Sebagai informasi, program ini dimulai 1 Januari sampai 30 Juni 2022. Pemerintah telah menerbitkan aturan main PPS dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor PMK-196/PMK.03/2021. Termasuk ketentuan sanksi.

Heboh! Cerita TKW Asal Madura Harus Bayar Pajak Ratusan Juta Usai Bawa Emas 3 Kg ke Indonesia

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Neilmaldrin Noor mengatakan, pengungkapan ini dilakukan dengan menggunakan Surat Pemberitahuan Pengungkapan Harta (SPPH).   

SPPH tersebut disampaikan secara elektronik melalui laman https://pajak.go.id/pps dan dilengkapi dengan SPPH induk, bukti pembayaran PPh Final, daftar rincian harta bersih, daftar utang serta pernyataan repatriasi dan atau investasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya