Airlangga dan Sri Mulyani Masuk Usulan Jadi Tim Jubir Presidensi G20

Menkominfo Johnny G Plate.
Menkominfo Johnny G Plate.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate mengatakan bahwa pemerintah Indonesia telah mengambil keputusan terkait usulan juru bicara (jubir) untuk Presidensi G20.

"Hari ini, kami mengambil beberapa keputusan. Pertama, penunjukan usulan juru bicara," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, dikutip dari ANTARA, Selasa, 25 Januari 2022.

Indonesia membagi pembahasan isu pada forum G20 dalam dua jalur pertemuan, yaitu Sherpa Track dan Financial Track.

Sherpa Track membahas isu-isu ekonomi nonkeuangan mulai dari energi, pembangunan, pariwisata, ekonomi digital, pendidikan, tenaga kerja, pertanian, perdagangan, investasi, industri, kesehatan, anti korupsi, lingkungan, hingga perubahan iklim.

Adapun Financial Track memprioritaskan enam isu terkait dengan ekonomi, yakni exit policy untuk pemulihan ekonomi global pasca pandemi, dampak COVID-19 terhadap sektor rill, sistem pembayaran digital, keuangan berkelanjutan, inklusi keuangan, dan perpajakan internasional.

Johnny menyampaikan bahwa juru bicara yang berkaitan dengan Sherpa Track diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Sedangkan, posisi wakil ketua diisi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Kemudian, juru bicara yang berkaitan dengan Financial Track dipimpin oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan posisi wakil ketua dijabat oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.