Derita Pekerja yang Dikerangkeng Bupati Langkat, Ada Kolam Penyiksaan

Kerangkeng yang Berada di Kediaman Bupati Langkat.
Kerangkeng yang Berada di Kediaman Bupati Langkat.
Sumber :
  • TvOne/Yoga Syahputra

VIVA – Bupati Langkat, Sumatera Utara, Terbit Rencana Peranginangin, terjaring operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus korupsi. Tak berhenti sampai di situ, terungkap pula ada kerangkeng manusia di kediaman sang bupati yang diduga diperuntukan untuk para pekerjanya.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah pun geram dengan fakta tersebut. Dia mengaku telah mengetahui tentang kerangkeng untuk para pekerja itu berdasarkan koordinasi dengan KPK. 

"Setelah penangkapan Bupati Langkat saya dapat WA dari Komisioner KPK. Laporan itu tidak sekadar operasi tangkap tangan, tapi pekerja yang diperlakukan secara tidak manusiawi," ujar Ida dalam rapat kerja dengan DPD RI, dikutip Rabu, 26 Januari 2022.

Merespons laporan KPK tersebut kata Ida, pihaknya malam itu juga langsung berkomunikasi dengan jajarannya untuk berkoordinasi dengan Dinas Ketenagakerjaan setempat. Selain KPK, sejumlah LSM pun melaporkan hal tersebut.

Menaker Ida Fauziyah.

Menaker Ida Fauziyah.

Photo :
  • Dokumentasi Kemnaker.

"Ini ada praktik biadab, mohon maaf, terusik kemanusiaan kita. Karena bukan dilakukan oleh orang lain tapi di negara kita, dilakukan oleh pejabat yang seharusnya memberikan perlindungan," geramnya.

Ida pun menceritakan, apa yang dialami para pekerja itu yang dilakukan oleh sang bupati. Selain tidak memiliki keterangan hubungan kerja dan kontrak yang jelas, mereka pun mengalami perlakuan yang tidak manusiawi.