Bank Aladin Gandeng Google Cloud Genjot Inklusi Keuangan RI

Bank Aladin
Bank Aladin
Sumber :
  • Dokumentasi Bank Aladin.

VIVA – Layanan perbankan saat ini masih belum bisa merangkul dengan menyeluruh para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) hingga saat ini. Pada. Padahal, segmen tersebut memiliki peranan yang sangat pending dalam mendongkrak perekonomian. 

Kontribusi UMKM juga dinilai besar dalam perkembangan ekonomi syariah di Indonesia. Karena itu sektor perbankan syariah memiliki potensi sangat besar untuk mendorong inklusi keuangan melalui segmen UMKM di Indonesia.

Berdasarkan potensi itu, bank syariah digital pertama di Indonesia, PT Bank Aladin Syariah Tbk. (Bank Aladin) menggandeng Google Cloud Indonesia melakukan mendorong inklusi keuangan di Indonesia, khususnya melalui peranan teknologi. Kolaborasi strategis ini juga dilakukan untuk mendukung Bank Aladin memajukan strategi dan menciptakan terobosan inovatif dalam layanan keuangan Syariah.

Chief Technology Officer (CTO) Bank Aladin Syariah, Budi Kusmiantoro menjelaskan, kerja sama ini akan mencakup dan tidak terbatas pada layanan cloud, scalable infrastructure, data analytic, dan machine learning

Menurutnya, tim internal Bank Aladin nantinya juga akan mendapatkan dukungan dan pelatihan yang kuat dari para engineer Google Cloud secara global. Sehingga, bisa memaksimalkan layanan digital yang diberikan perusahaan.

“Kami sangat senang, Bank Aladin dapat berkolaborasi jangka panjang dengan Google untuk kesuksesan kedua belah pihak yang berkesinambungan. Kerja ama pelatihan ini penting, karena akan membantu meningkatkan dan juga retain keterampilan talenta  kita di Indonesia,” ujar Budi dalam keterangannya saat acara Seremoni Kerja sama dan konferensi pers Bank Aladin Syariah dengan Google Cloud yang berlangsung secara daring, Rabu, 26 Januari 2022.

PT Bank Aladin TBK (BANK).

PT Bank Aladin TBK (BANK).

Photo :
  • Raden Jihad Akbar/VIVA.