Bappenas Ungkap Dampak Ibu Kota Baru untuk Samarinda dan Balikpapan

Lokasi Kecamatan Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara.  Sepaku dan Samboja,  Kutai Kartanegara, akan menjadi lokasi ibu kota baru Indonesia.
Lokasi Kecamatan Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara. Sepaku dan Samboja, Kutai Kartanegara, akan menjadi lokasi ibu kota baru Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas menegaskan upaya pemindahan ibu kota negara (IKN) yang dilakukan pemerintah saat ini tidak sekadar memindahkan urusan administrasi pemerintahan semata. 

Deputi Bidang Ekonomi Bappenas, Amalia Adininggar menekankan, dalam strategi pemindahan IKN ini, ekonomi akan bergerak dengan adanya pembangunan infrastruktur. Pembangunan ibu kota baru ini juga akan membuka peluang investasi dan mendorong ekonomi wilayah di sekitarnya.

"Yang bisa mendorong bergeraknya ekonomi akibat dari ibu kota negara ini adalah pembangunan infrastruktur di ibu kota negara itu sendiri dan sekitarnya. Bahkan termasuk infrastruktur logistik maupun infrastruktur pendukung lainnya, dan juga tentunya infrastruktur dasar," kata Amalia dalam telekonferensi, Rabu 26 Januari 2022.

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Amalia Adininggar.

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Amalia Adininggar.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya/Tangkapan layar

Meski demikian, upaya menggerakkan roda ekonomi di IKN baru nanti tidak hanya dilakukan melalui pembangunan infrastruktur saja.

"Artinya, ibu kota negara yang baru ini harus memberikan peluang investasi baru, baik dalam jangka menengah maupun jangka panjang," kata Amalia.

Jadi Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru