Sandiaga Uno Optimistis Pariwisata Indonesia Bangkit di 2022

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno
Sumber :
  • VIVA / Wafa

VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno optimistis bahwa 2022 merupakan tahun kebangkitan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dia meyakini Indonesia akan pulih serta dapat menciptakan banyak lapangan pekerjaan.

Sandiaga menargetkan nilai ekspor ekonomi kreatif tahun ini sebesar 21,2 miliar dolar AS. Ia juga memproyeksikan kontribusi PDB ekonomi kreatif naik menjadi sebesar 4,3 persen. Sedangkan nilai tambah ekonomi kreatif naik sebesar Rp12,40 triliun.

Outlook pariwisata dan ekonomi keratif di 2022 dari tenaga kerja juga akan meningkat sekitar 14,7 persen,” jelas Sandi di acara HIPMI, Rabu, 26 Januari 2022.

Ia menjelaskan, lapangan kerja di sektor parekraf diproyeksikan naik cukup signifikan sekitar 700 ribu dengan total 20,58 juta lapangan kerja.

Menurutnya, di tahun 2022 destinasi, pemasaran, ekonomi kreatif, dan produk wisata menjadi unggulan Indonesia. Pada pengembangan tourism investment realization, ia mengatakan didominasi oleh Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Pasar Pariwisata Indonesia Terbesar Keempat di Dunia

Hariyadi Sukamdani.

Hariyadi Sukamdani.

Photo :