Bandara Halim Mulai Revitalisasi, 67 Pesawat Komersil Dipindahkan

Proses pemindahan pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma.
Proses pemindahan pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma.
Sumber :
  • Dok. AP II

VIVA – Mulai hari ini 26 Januari 2022 Bandara Halim Perdanakusuma resmi ditutup sementara untuk dilakukan revitalisasi. PT Angkasa Pura II mencatat ada sebanyak 67 unit pesawat komersil niaga berjadwal atau tidak dipindahkan.

Pesawat komersial terakhir yang berpindah dari Bandara Halim Perdanakusuma adalah N881SG - Boeing Business Jet (BBJ) yang lepas landas sekitar pukul 23.36 WIB menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Pesawat-pesawat tersebut dipindahkan secara bertahap sejak 22-25 Januari 2022 ke bandara penerima (recipient) sesuai skenario yang disusun tim Operation Readiness and Airport Transfer (ORAT) bersama Kementerian Perhubungan, Otoritas Bandara Wilayah I, AirNav Indonesia dan maskapai.

Baca juga: Belanja PUPR 2021 Capai 94,4 Persen, Ini Rinciannya

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan saat ini skenario perpindahan pesawat komersial dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara penerima berjalan sangat lancar.

Untuk itu, Awaluddin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas kolaborasinya yang sangat baik sehingga dalam waktu empat hari tersebut seluruh pesawat bisa berpindah dari Bandara Halim Perdanakusuma.

Awaluddin mengatakan, bandara yang paling banyak menerima perpindahan pesawat maskapai niaga berjadwal dan tidak berjadwal dari Bandara Halim Perdanakusuma adalah Bandara Soekarno-Hatta, yaitu sebanyak tujuh pesawat maskapai niaga berjadwal dan 42 pesawat maskapai niaga tidak berjadwal.