Potensi Besar, Jasindo Kembangkan Layanan Asuransi Kecelakaan

PT Asuransi Jasa Indonesia / Asuransi Jasindo
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Anggota holding Indonesia Financial Group (IFG) PT Asuransi Jasa Indonesia membuat strategi baru terkait layanan asuransi kecelakaan. Segmen asuransi itu jadi salah satu andalan genjot kinerja 2022. 

CIti Gandeng Occam Genjot Kinerja Komunikasi

Menurut Direktur Pengembangan Bisnis Asuransi Jasindo, Diwe Novara, asuransi kecelakaan diri merupakan salah satu produk yang akan dikembangkan dan didorong untuk dimaksimalkan penjualannya. Karena asuransi tersebut diyakini memberikan kontribusi laba positif bagi perusahaan.

“Potensi pasar yang ada saat ini untuk asuransi kecelakaan diri masih sangat besar. Market share Asuransi Jasindo saat ini sekitar 5-6 persen oleh karena itu perusahaan akan mendorong secara maksimal penjualan asuransi kecelakaan diri guna meningkatkan perolehan preminya dan laba perusahaan,” ujarnya, dikutip Jumat, 28 Januari 2022.

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet

Diwe melanjutkan, sasaran produk ini adalah langsung kepada pelanggan dan kelompok-kelompok masyarakat. Atau komunitas dalam aktivitas kesehariannya atau bisa juga yang berkaitan dengan suatu kegiatan acara.

Guna meningkatkan penjualan asuransi segmen tersebut, Diwe telah menyiapkan beberapa strategi penjualan. Pertama, dari segi media pemasaran telah dikembangkan mobile aplikasi Easy yang menjual produk tersebut sehingga nasabah dapat langsung membelinya dengan mudah.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

Kedua, dari segi inovasi produknya telah dilakukan modifikasi manfaat dari jaminan dasar kecelakaan diri dikembangkan menjadi lebih komprehensif. Seperti Asuransi Personal Accident (PA) Anak Sekolah dengan perluasan COVID-19, Asuransi Perjalanan, dan masih banyak lagi.

Direktur Pengembangan Bisnis Asuransi Jasindo, Diwe Novara.

Photo :
  • Dokumentasi Jasindo.

“Ketiga, dari segi strategi bisnis telah dilakukan pendekatan dengan kelompok masyarakat atau komunitas dan sponsorship. Dan terakhir, kami juga melakukan promosi publikasi melalui media digital (media sosial) dan konvensional untuk mengenalkan produk tersebut kepada masyarakat,” lanjutnya.

Lebih lanjut menurutnya, produk asuransi kecelakaan diri memberikan jaminan perlindungan yang utama. Mencakup antara lain santunan meninggal dunia akibat kecelakaan, santunan cacat tetap akibat kecelakaan, dan biaya pengobatan akibat kecelakaan.

Asuransi ini dikecualikan untuk kegiatan yang secara alami memiliki tingkat risiko tinggi. Dan dilakukan secara sengaja serta dapat mengancam keselamatan jiwa peserta asuransi (kecuali dalam keadaan mencoba menyelamatkan jiwa).

“Nasabah bisa membaca poin-poin pengecualian asuransi ini saat membeli produk tersebut,” tuturnya.

Selain itu, dia mengatakan, Asuransi Jasindo juga akan menjual produk asuransi kecelakaan diri yang bersifat lebih komprehensif dalam bentuk Asuransi Perjalanan. Di dalam Asuransi Perjalanan, selain manfaat kecelakaan diri, peserta asuransi juga mendapatkan jaminan perlindungan  medis darurat, evakuasi darurat di seluruh dunia dan juga jaminan ketidaknyamanan perjalanan. 

Jenis perjalanan yang dapat diliput juga cukup luas baik yang bersifat kedinasan maupun non kedinasan seperti berlibur. Luas jaminan beserta syarat dan ketentuan di produk Asuransi Perjalanan ini diyakini telah dapat melindungi tertanggung secara lebih maksimal dari kerugian finansial yang timbul akibat terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Diwe optimistis, ke depannya potensi produk asuransi kecelakaan diri cukup diminati. Seiring dengan membaiknya kondisi ekonomi akibat penurunan angka pasien COVID-19, meluasnya cakupan vaksin covid serta program percepatan ekonomi yang dilakukan oleh Pemerintah. Termasuk juga minat masyarakat sendiri yang sudah mulai berwisata baik wisata domestik maupun internasional.

“Berdasarkan pengamatan kami masih sedikit asuransi yang melirik bisnis ini, sehingga ini peluang cukup baik untuk Jasindo,” lanjutnya.

Kemudahan proses klaim juga merupakan nilai tambah tersendiri dari produk asuransi kecelakaan diri. Tertanggung tinggal menuju ke www.jasindotravel.co.id, serta menggunakan fasilitas yang ada di website tersebut untuk melakukan hampir semua hal yang berkaitan dengan asuransi perjalanan, mulai dari pembelian hingga pengajuan klaim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya