3 Pesawatnya Diusir, Susi Pudjiastuti Minta Tak Dikaitkan Politik

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • Syaefullah

VIVA – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI sekaligus pemilik Susi Air, Susi Pudjiastuti menegaskan agar masalah pengusiran armada pesawat Susi Air yang terjadi di Hanggar Malinau, Kalimantan Utara pada Rabu 2 Februari 2022 tidak dikaitkan dengan urusan politik.

Deretan Negara Penghasil Ikan Laut Terbesar di Dunia, Posisi Indonesia Membanggakan!

"Saya hanya berpesan jangan sampai berpikir lain dari pada persoalan Susi Air dan (urusan) penerbangan. Tidak ada unsur politik di sini, tidak ada. Saya juga tidak berpikir begitu," kata Susi dalam telekonferensi pada Jumat 4 Februari 2022.

"Tetapi sebagai pemilik dan melihat anak saya struggle ya saya sedih saja, prihatin," ujarnya.

Geger, Warga Garut Temukan Warung Makanan Jajakan Daging Babi tanpa Pemberitahuan

Terlepas dari masalah apa pun yang melatarbelakangi pengusiran armada pesawat Susi Air tersebut, Susi berharap agar hal itu ke depannya jangan sampai mengorbankan kepentingan masyarakat di wilayah Kalimantan Utara. 

"Semoga semua menjadi bijak dan mengerti bahwa kebutuhan masyarakat adalah di atas segalanya," kata Susi.

Pernah Disandera, Meutya Hafid Ungkap Titik Terang Pilot Susi Air Ditawan KKB

Susi juga berharap bahwa secara operasional Susi Air jangan sampai mengorbankan aspek keselamatan penerbangan. Pula harus berupaya agar bisa segera mengatasi masalah agar jangan sampai terjadi pembatalan penerbangan. 

"Tetapi mungkin gangguan schedule itu pasti, karena maintenance-nya terganggu, dan itu bukan hal yang sangat mudah dalam dunia aviasi," ujar Susi.

Dia pun kembali menekankan agar jangan sampai masalah ini dikaitkan-kaitkan dengan urusan politik karena Susi mengaku enggan melibatkan diri ke dalam urusan politik.

"Karena saya tidak ikut-ikutan politik. Saya hanya di pinggir pantai menikmati sunset dan berenang. Semoga semuanya baik, masyarakat Malinau terutama di daerah perbatasan sana agar bisa terus dilayani oleh Susi Air," kata pengusaha tersebut.

"Karena kalau pakai speed boat, kalau tidak salah (membutuhkan waktu) sampai delapan jam. Jadi kalau Susi Air bisa terbang tentunya akan terus membantu. Karena kita di sana dari tahun 2007-2008, sudah lama dan masyarakat juga sudah terbiasa dengan Susi Air," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, Susi Pudjiastuti sempat memprotes Satpol PP yang mengeluarkan paksa sejumlah pesawat Susi Air di Hanggar Malinau, Kalimantan Utara pada Rabu 2 Februari 2022 kemarin. Dalam akun Twitter pribadinya @susipudjiastuti, diunggah video yang di dalamnya terlihat puluhan anggota Satpol PP tersebut menarik keluar pesawat Susi Air, maskapai milik Susi itu.

"Seringkali ada kejutan dlm hari-hari kita..Kejutan hari ini, sy dapat video dari anak saya ttg pesawat Susi Air dikeluarkan paksa oleh sekumpulan Satpol PP dari Hanggar Malinau setelah kita sewa selama 10 tahun ini untuk melayani penerbangan di wilayah Kaltara.." tulis Susi dalam caption unggahan video.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya