Siap Beroperasi Kembali, Maskapai Transnusa Uji Terbang Pesawat Airbus

Maskapai penerbangan TransNusa.
Sumber :
  • Dokumentasi TransNusa.

VIVA – Maskapai penerbangan Transnusa, dengan pesawat Airbus A320 Neo PK-TLA nomor penerbangan 8B 532 telah melakukan uji operasional (proving flight), pada pekan ini. Hal itu dilakukan dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) berhasil mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Arus Balik Pemudik, 80 Ribu Penumpang Tiba di Bandara Soetta

“Kesuksesan uji operasional ini merupakan tonggak dari proses re-sertifikasi operator penerbangan atau AOC sebelum Transnusa beroperasi kembali dengan armada pesawat dan sejumlah rute yang baru,” kata Direktur Utama Transnusa Bayu Sutanto dalam keterangan di Jakarta, Sabtu, 5 Februari 2022.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Maskapai Penerbangan Nasional (INACA) ini menjelaskan, uji operasional sukses mendarat di landas pacu 11 YIA setelah menjalani penerbangan selama 1 Jam 25 menit dari Bandara Soekarno-Hatta.

Cek Arus Balik Mudik di Soetta, Menhub: Penumpang Pesawat Naik 101 Persen

Kemudian pesawat sukses lepas landas kembali ke Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 10.20 WIB dan mendarat di Cengkareng pada pukul 11.45 WIB.

Sebagai informasi proving flight adalah proses uji operasional guna memastikan kesiapan maskapai dalam mengoperasikan pesawat udara di sejumlah rute yang diterbangi dan merupakan bagian dari proses re-sertifikasi asessmen dalam pemberian AOC (Air Operator Certificate) sebelum melakukan penerbangan komersial.

Arus Mudik 2024, AP II Catat 1,3 Juta Penumpang Lintasi Bandara Soetta

Pesawat Transnusa.

Photo :
  • Jo Mariono/VIVA.co.id

Uji operasional kali ini dipimpin oleh Capt Rio Charles Martinez yang didampingi Capt Pindonta Tarigan beserta awak kabin. Serta pihak terkait dari Direktorat Kelayakan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) sebagai asesor.

Ditambahkan pula bahwa setelah uji operasional dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Yogyakarta International Airport , akan dilanjutkan uji operasional ke Bandara Eltari Kupang . Serta bandara-bandara lain nya yaitu Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar serta Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. 

Diharapkan setelah melakukan uji operasional selama 5 hari dengan baik dan setelah melengkapi dokumentasi, AOC baru akan diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub RI sehingga Transnusa bisa segera beroperasi penerbangan komersialnya dengan armada pesawat Airbus A320 sebanyak 3 unit. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya