TMII Direvitalisasi Negara, Intip Makna dari Setiap Penataannya

Desain Revitalisasi area pintu masuk TMII.
Desain Revitalisasi area pintu masuk TMII.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kini dilakukan revitalisasi besar-besaran oleh Pemerintah setelah 40 tahun lamanya tak dilakukan perubahan. Dalam tujuh bulan ke depan TMII akan dikembalikan marwah dan fungsinya.

Seperti kita ketahui TMII merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. TMII memiliki luar area kurang lebih 150 hektare atau 1,5 kilometer persegi. 

Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian, dan tradisi daerah. 

Baca juga: Keren Banget, Ini Bocoran Design Revitalisasi Danau Archipelago TMII

Di samping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia, kereta gantung, museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku

Berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota. Sehingga, bersamaan dengan RI menjadi tuan rumah G20 dan TMII menjadi salah satu tempat yang dikunjungi oleh para peserta, renovasi TMII dilakukan pada tahun ini.

Revitalisasi yang dilakukan akan menciptakan simbol yang terintegrasi, mengorganisasikan informasi, membuat nyaman pengunjung, meningkatkan
citra dari TMII, menciptakan estetika yang tinggi dan merancang simbol yang harmonis dengan lingkungan.