Harga Batu Bara Acuan Februari Melonjak ke US$188,38 per Ton

Kapal Tongkang membawa batu bara melintasi Sungai Batanghari
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

VIVA – Harga Batu Bara Acuan (HBA) mengalami lonjakan pada bulan Februari 2022 sebesar US$29,88 per ton menjadi US$188,38 dari bulan Januari 2022, US$158,50 per ton. Kenaikan tersebut salah satunya dipicu meningkatnya permintaan global atas kebutuhan batu bara.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agung Pribadi mengatakan, kenaikan HBA bulan Februari 2022 disebabkan oleh tingginya permintaan komoditas batu bara global.

Faktor lain yang memengaruhi kenaikan HBA adalah adanya kendala pasokan gas alam di Eropa.

Krisis Energi, Presiden Ekuador Umumkan Keadaan Darurat

"Sebagian besar negara-negara Eropa beralih ke batu bara demi memenuhi pembangkit listrik," ungkap Agung dalam keterangannya, Selasa, 8 Februari 2022.

Kebijakan Larangan Ekspor Ikut Dongkrak Harga Batu Bara

Akhiri Masa Siaga, PLN Sukses Layani Kelistrikan Nasional Selama Idul Fitri 2024

Kapal tongkang pengangkut batu bara saat melintas di Sungai Musi, Palembang

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Dorongan angka HBA juga tak lepas dari keputusan Pemerintah Indonesia yang sempat menjalankan kebijakan larangan ekspor per 1 Januari 2022 untuk mengatasi kebutuhan dalam negeri. Pemerintah sendiri akhirnya mencabut larangan tersebut bagi perusahaan yang tercatat sudah mematuhi ketentuan DMO pada 31 Januari 2022 lalu.

HBA sendiri merupakan harga yang diperoleh dari rata-rata indeks Indonesia Coal Index (ICI), Newcastle Export Index (NEX), Globalcoal Newcastle Index (GCNC), dan Platt's 5900 pada bulan sebelumnya, dengan kualitas yang disetarakan pada kalori 6322 kcal/kg GAR, Total Moisture 8 persen, Total Sulphur 0,8 persen, dan Ash 15 persen.

Harga ini nantinya akan digunakan secara langsung dalam jual beli komoditas batu bara (spot) selama satu bulan pada titik serah penjualan secara Free on Board di atas kapal pengangkut (FOB Veseel).

Terdapat dua faktor turunan yang memengaruhi pergerakan HBA yaitu, supply dan demand. Pada faktor turunan supply dipengaruhi oleh season (cuaca), teknis tambang, kebijakan negara supplier, hingga teknis di supply chain seperti kereta, tongkang, maupun loading terminal.

Sementara untuk faktor turunan demand dipengaruhi oleh kebutuhan listrik yang turun berkorelasi dengan kondisi industri, kebijakan impor, dan kompetisi dengan komoditas energi lain, seperti LNG, nuklir, dan hidro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya