Digitalisasi Bisnis Semakin Berkembang, Ini yang Harus Diantisipasi

E-commerce.
Sumber :
  • BusinessLIVE

VIVA – Digitalisasi bisnis di Indonesia semakin menjadi tren dan berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Terutama dengan adanya situasi pandemi COVID-19 yang hingga kini belum usai. 

CIti Gandeng Occam Genjot Kinerja Komunikasi

Tak hanya bisnis start-up dan e-Commerce, bisnis konvensional maupun sektor Pemerintahan pun berbondong-bondong berkembang ke ranah online. beradaptasi dengan perilaku masyarakat yang semakin aktif menggunakan teknologi digital dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Namun Chief Executive Officer PT iTrust Data Teknologi (i-Trust) Sally Santoso, mengatakan, seiring dengan pesatnya peningkatan aktivitas digital ini, kasus kebocoran data rahasia perusahaan seperti data pribadi konsumen pun semakin marak terjadi. Bahkan sampai diperjualbelikan. 

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet

"Kondisi ini menuntut para pelaku bisnis untuk memiliki keamanan data dan informasi yang efektif dan terjamin," kata  Sally dikutip dari keterangannya, Rabu, 16 Februari 2022.

Karena itu dia mengatakan pihaknya memberikan layanan teknologi mutakhir untuk keamanan data industri tanah air yaitu Hardware Security Module (HSM). Sistem itu milik solution provider asal Amerika Serikat, Entrust, yang menyediakan solusi identitas, pembayaran, dan perlindungan data yang aman dan terpercaya. 

Bertemu Tony Blair, Menko Airlangga Bahas Inklusivitas Keuangan Hingga Stabilitas Geopolitik

Dia menjabarkan, HSM adalah perangkat keras elektronik (hardware) yang menyediakan proses kriptografi serta manajemen kunci untuk perlindungan data.

Ilustrasi kebocoran data.

Photo :
  • Pixabay/blickpixel

"Kami iTrust telah dipercaya menjadi  ‘Entrust Data Protection Solution Authorized Distributor’ untuk wilayah Indonesia karena memiliki engineer yang bersertifikasi dan berpengalaman dalam instalasi dan integrasi HSM Entrust di berbagai instansi pemerintah dan industri esensial lainnya," tambahnya. 

Berbeda dengan enkripsi berbasis perangkat lunak (software) yang banyak digunakan umumnya, enkripsi dengan perangkat HSM dapat memberikan perlindungan maksimal. Karena kunci digital yang diciptakan oleh perangkat ini akan menghasilkan sandi yang tidak akan dapat dipecahkan oleh pihak yang tidak berkepentingan. 

"Bergerak di bidang IT Security, kami paham benar bahwa after sales support yang handal sangat penting dalam mendukung keamanan data dan informasi yang dijaga oleh perusahaan maupun instansi,” ungkap Sally.

Berdasarkan hasil riset Entrust Encryption Trends Study yang dilakukan pada 2021 untuk pelaku bisnis beberapa negara, penggunaan teknologi HSM mengalami peningkatan signifikan. Hal ini juga didukung oleh data dari Bank Indonesia yang menyatakan bahwa nilai transaksi e-Commerce pada paruh pertama 2021 mencapai Rp186,75 triliun atau tumbuh 63,36 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya