Massa Buruh Demo Soal JHT Ditemui Menteri Ida Fauziah, Ini Hasilnya

Demo Buruh tolak Aturan baru JHT di Kemenaker.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – Perwakilan dari massa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) telah keluar usai melakukan pertemuan langsung dengan Menaker RI Ida Fauziah.

Proyek Kantor Prabowo di IKN Senilai Rp 1,7 Triliun Mulai Dilelang

Sekretaris Jenderal KSPI Ramidi mengaku para buruh yang hadir aksi hari ini kecewa dengan hasil pertemuan lantaran Menaker RI Ida Fauziah tidak dapat memastikan apakah akan mencabut Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 yang mengatur Jaminan Hari Tua (JHT).

"Tanggapan dia tidak memberikan jawaban langsung iya atau tidak terkait mencabut Permenaker," ujar Ramidi saat memberikan keterangan kepada awak media di Halam Kantor Kemenaker, Rabu 16 Februari 2022.

Menaker Ida Fauziyah: Tradisi Mudik Lebaran Cuma Ada di Indonesia

Baca juga: Buruh Geruduk Kemenaker, Permenaker Soal JHT Bakal Digugat ke PTUN

Ramidi menjelaskan, dalam pertemuan itu Menaker meminta waktu tiga bulan untuk melakukan evaluasi implementasi peraturan tersebut, namun KSPI menolak permintaan tersebut dan memberikan waktu dua minggu sebelum Menaker RI mencabut aturan itu.

Gaya Santuy Jenderal Maruli Setiba di Kantor: Langsung Joget, Gemblok Tas Bak Anak Sekolah

"Artinya Kementerian memberikan waktu atau memiliki waktu 3 bulan tetapi kami memberikan waktu dua minggu," ujarnya.

Oleh sebab itu Ramidi menegaskan pihaknya akan kembali menagih permintaan buruh tersebut dalam waktu dua minggu kedepan agar Permenaker itu dapat dicabut.

Ramidi mengancam jika permintaan itu tidak diindahkan pihaknya akan menggelar aksi lanjutan yang lebih besar.

"Kalau setelah dua minggu juga tidak ada kondisi tertentu maka aksi akan terus-menerus kita lakukan segala macam pola bentuk perlawanan akan kita lakukan," ujarnya.

Ribuan buruh geruduk Kemenaker mengecam aturan JHT cair umur 56 tahun.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Diketahui ribuan massa buruh datangi Gedung Kemenaker RI di Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan dan melakukan aksi serta orasi mendesak agar Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 yang mengatur Jaminan Hari Tua (JHT) baru bisa dicairkan di usia 56 tahun dicabut. 

Tuntutan para buruh juga meminta Menaker Ida Fauziah selaku pembuat kebijakan itu untuk dicopot dari jabatannya. Tuntutan itu tertuang dalam surat nomor: 048/DEN-KSPI/II/2022 yang ditandatangani Presiden KSPI Said Iqbal.

Rencananya selain aksi di Gedung Kemenaker RI, massa juga akan menggeruduk kantor pusat BPJS Ketenagakerjaan.

Masih dalam surat itu massa di daerah juga diminta untuk menggelar aksi di kantor Dinas Tenaga Kerja dan kantor wilayah BPJS Ketenagakerjaan di masing-masing wilayah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya