Cegah Bahaya Banjir, IKN Nusantara Bakal Terapkan Konsep Kota Spons

Maket dari pemenang desain Ibu Kota Negara Baru.
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

VIVA – Pembangunan Ibu Kota Negata baru di Kalimantan akan mengusung Konsep dan elemen kota spons yang diterapkan secara luas di IKN. Konsep ini untuk mengembalikan siklus alami air yang berubah karena pembangunan. 

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Penerapan konsep ini akan memberikan manfaat pemanenan air untuk tambahan ketersediaan air dan pengurangan bahaya banjir, manfaat pemurnian air dan pelestarian ekologi, efisiensi sistem sumber daya, serta manfaat rekreasi bagi masyarakat. 

Dalam lampiran II UU IKN, menyebutkan bahwa Kota spons mengacu pada kota yang berperan seperti spons yang mampu menahan air hujan agar tidak langsung melimpas ke saluran-saluran drainase dan yang mampu meningkatkan peresapan ke dalam tanah sehingga bahaya banjir dapat berkurang serta kualitas dan kuantitas air dapat meningkat melalui penyaringan tanah dan penyimpanan dalam tanah (akuifer).

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Baca juga: Minyak Goreng Langka, Ganjar Minta Pemerintah Pusat Bertindak Tegas

Implementasi kota spons dilakukan dengan menggunakan tiga prinsip. Yang pertama yakni mengurangi limpasan permukaan. Kedua, memaksimalkan Peresapan Air hujan dan ketiga Pemanenan Air Hujan.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Konsep pengendalian air ini sebenarnya sudah diterapkan di Jakarta. Sejumlah wilayah di DKI, salah satunya yakni di Jakarta Timur, telah membangun rain garden dan bioswale di atas ruang terbuka hijau (RTH) untuk mengatasi banjir di musim hujan.

Rain garden adalah taman dengan vegetasi yang didesain untuk mengumpulkan limpasan air hujan. Sedangkan Bioswale merupakan saluran vegetasi untuk mengendalikan limpasan air hujan berbentuk linear atau memanjang.

Banjir rendam calon ibu kota negara yang baru, Penajam Paser Utara.

Photo :
  • BNPB.

Pemerhati Tata Kota, Elisa Sutanudjaja mengatakan, bahwa konsep peresapan air yang digunakan di Ibu Kota Baru ini telah digunakan di Jakarta. Dalam aturan tersebut, Pemerintah menggunakan istilah lain namun memiliki arti yang sama.

"Kalau tweeps mau tahu seperti apa bioswale dan rain garden dan segala jargon-jargon di skrisot itu, ada contohnya di Jakarta," ujar Elisa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya