Harga Daging Sapi Naik di Medan, Tembus Rp135 Ribu per Kg

Pedagang daging sapi di Pasar Tradisional Simpang Limun, Kota Medan.
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra (Medan)

VIVA – Melonjaknya harga daging sapi juga dirasakan oleh pedagang sapi di pasar tradisional di Kota Medan. Kenaikan per kilogram berada di kisaran Rp10 ribu hingga Rp20 ribu.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Pedagang daging sapi di Pasar Limun, Kota Medan, Idris menjelaskan harga daging naik tajam karena stok menurun. Diperkirakan harga akan mengalami kenaikan terus.

“Sekarang harga daging sudah tembus Rp135 ribu per kilogram. Yang sebelumnya, kita menjual dengan harga Rp125 ribu," kata Idris saat dijumpai di Pasar Simpang Limun, Jumat 25 Februari 2022.

Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik

Pedagang daging sapi di Pasar Tradisional Simpang Limun, Kota Medan.

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra (Medan)

Idris mengaku tidak mengetahui persis kenaikan harga daging tersebut. Tapi, harga sudah naik dari perusahaan distributor daging sapi ke pasar-pasar tradisional di Kota Medan.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

“Memang dari sana naiknya, dari PT (perusahaan). Untuk secara jelasnya, aku kurang paham. Apa penyebab kenaikan harga daging sapi ini,” tutur Idris.

Idris memperkirakan, harga daging akan kembali naik beberapa hari ke depan dengan kisaran tembus Rp135 ribu.

“Ini (kata PT) mau naik lagi 2 atau hari beberapa lagi,” sebut Idris, sembari mengatakan bahwa pedagang sudah mengeluh dengan harga daging sapi. Tapi, dia mengaku penjualan masih stabil.

Terkait adanya rencana mogok dari pedagang daging sapi di Jakarta, Idris mengaku belum mengetahuinya. Namun dia secara pribadi menolak melakukan mogok. 

Idris mengatakan bila terjadi mogok jualan. Akan menambah omzet penjualan akan terus menurun."Mau bawa uang berapa lagi ke rumah untuk biaya kehidupan bila mogok jualan ini," kata Idris.

Pedagang Daging di Deli Serdang Sebut Harga Masih Normal

Sementara itu, pedagang daging sapi di Pasar Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Agung mengungkapkan bahwa harga daging masih dalam keadaan normal.

“Kalau di Tanjung (Morawa) belum naik, harganya masih standar Rp120 ribu aja,” sebut Agung.

Namun, Agung mengatakan harga daging sapi di pasar ini, akan mengalami kenaikan berkisaran Rp10 ribu hingga Rp20 ribu.

“Mungkin dua atau tiga hari akan naik gitu. Kami kan belanja dari PT (perusahaan), modal (mereka) katanya naik. Otomatis harganya naik juga,” ucap Agung.

Meski harga stabil, Agung mengatakan untuk penjualan daging sapi mengalami penurunan. “Belakangan mengalami penurunan, sekitar 50 persen. Biasanya 30 kg yang laku ini Cuma 10 Kg hingga 15 Kg. Daya beli masyarakat menurun akhir-akhir ini. Ini masih standar kayak biasanya, apalagi naik,” jelas Agung.

Agung menjelaskan harga daging sapi yang ia jual masih stabil. Karena, daging sapi yang dijual, tidak keseluruhan dari perusahaan atau distributor. Namun, juga menjual daging sapi ternak.

“Daging kita tidak fokus (hanya) dari PT aja. Jadi misalnya harga jual dari PT ecerannya Rp125 ribu per Kg. Kita masih bisa jual 120 ribu per Kg gitu,” sebut Agung.

Sebelumnya, Pedagang daging sapi bakal menggelar aksi mogok jualan selama lima hari mulai Senin, 28 Februari 2022 hingga Jumat, 4 Maret 2022. Hal tersebut disampaikan Dewan Pimpinan Pusat Jaringan Pemotong dan Pedagang Daging Indonesia (JAPPDI).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya