Kunjungi Arab Saudi, Luhut Dapat Sejumlah Kesepakatan Bilateral 

Menko Marves Luhut Pandjaitan dipeluk pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan bertemu Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz di Riyadh Arab Saudi. Pertemuan itu memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Arab Saudi.

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Adapun kunjungan ke Arab Saudi tersebut merupakan tugas dari Presiden Joko Widodo. Untuk menjalin hubungan baik antar kedua negara. Luhut dalam hal ini mengucapkan rasa terima kasihnya atas sambutan hangat yang diterima.

“Kali pertama saya diterima dengan begitu hangat. Saya merasa senang ketika saya disambut langsung oleh Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman di Riyadh. Terlebih lagi ketika ternyata kami sama-sama bersepakat untuk memperkuat lagi hubungan bilateral antara Republik Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi,” kata Luhut dari Instagramnya dikutip, Jumat 4 Maret 2022.

Bawa Timnas Indonesia ke Semifinal Piala Asia U-23, Shin Tae Yong Ciptakan Sejarah

Dalam pertemuan itu juga, Luhut menceritakan terkait pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Baru Indonesia, dan mengajak Arab Saudi untuk bekerja sama.

“Saya juga menceritakan betapa Indonesia saat ini sudah banyak kemajuan. Saya juga sampaikan bahwa kami sangat terbuka dengan kerja sama dalam hal energi baru dan terbarukan hingga kerja sama dalam hal pelestarian lingkungan hidup,” katanya.

Pemeriksaan Rutin, Raja Salman Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Adapun menanggapi ajakan Luhut terkait kerja sama energi baru dan terbarukan hingga pelestarian lingkungan hidup, Pangeran Mohammed mengatakan, "Bila Indonesia maju maka Arab Saudi juga maju.”

Selain itu, Luhut juga bertemu dengan Menteri Investasi Arab Saudi, Khalid Al-Falih dan beberapa CEO perusahaan Arab Saudi. Dalam pertemuan tersebut juga membahas realisasi sejumlah rencana investasi perusahaan asal Arab Saudi di Indonesia.

“Di tengah pertemuan saya sampaikan keinginan saya agar potensi investasi dari pihak Kerajaan Arab Saudi dan peluang investasi Indonesia di Arab Saudi bisa berjalan beriringan,” terangnya.

Bendera Arab Saudi.

Photo :
  • Ist

Pada akhir pertemuan itu, Luhut menyampaikan pesan khusus dari Presiden Jokowi kepada Kerajaan Arab Saudi untuk berkenan hadir pada pertemuan pertemuan Presidensi G20 yang akan digelar di Indonesia, tepatnya Bali.

Bak gayung bersambut, ternyata Putra Mahkota telah merencanakan untuk berkunjung ke Indonesia dan bertemu langsung dengan Presiden Jokowi.

“Putra Mahkota memang sudah berencana bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat dalam rangka tindak lanjut segala hasil pertemuan yang terselenggara hari ini,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya